Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ketika seseorang sedang membuka bisnis baru, agar berhasil tentunya harus melakukan promosi. Promosi sangat identik dengan modal yang berlimpah. Terlebih ketika Anda melakukan promosi penjualan secara online.

Namun bujet bisa ditekan asalkan Anda tahu bagaimana caranya. Dikutip dari Moka blog, ini dia beberapa kiat agar Anda bisa melakukan promosi secara online tanpa perlu keluar modal banyak.

1. Terapkan content marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran produk melalui pembuatan konten yang relevan, konsisten, dan bermakna. Tujuannya yaitu menarik minat dan menjaga ketertarikan para audiens yang sudah ditentukan sejak awal. Hingga akhirnya meyakinkan mereka untuk membeli suatu produk.

Langkahnya, bisa dilakukan dengan mengunggah foto atau video di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Kemudian content marketing juga bisa berupa tulisan pada halaman blog yang memenuhi kaidah search engine optimization (SEO). Kaidah SEO ini akan memudahkan tulisan Anda untuk terpampang di hasil pencarian Google.

Ini merupakan cara promosi jualan online yang tidak butuh banyak uang. Pasalnya semua dilakukan secara gratis. Anda bisa buat media sosial tanpa keluar biaya begitu juga blog. Ongkos terbesar cuma ada di kebutuhan koneksi internet.

2. Kirim produk gratis ke orang-orang terdekat

Anda bisa dilakukan dengan mengirimkan produk gratis ke orang-orang terdekat. Jika hal ini dilakukan, secara otomatis meningkatkan exposure produk Anda. Apalagi jika orang-orang terdekat tersebut mengunggah testimoni ke halaman media sosialnya, produk Anda akan diketahui oleh para followers mereka. Testimoni jujur yang disampaikan pun akan semakin menggerakkan orang-orang untuk mengetahui produk Anda lebih lanjut. Bukan tidak mungkin, selanjutnya melakukan pembelian.

3. Kerja bareng influencer

Tidak semua influencer mematok harga tinggi untuk bantu pasarkan produk Anda. Anda bisa bekerja sama dengan skala micro yaitu influencer dengan jumlah followers 10.000 hingga 100.000.

Selain fee-nya lebih terjangkau, influencer micro juga lebih mudah untuk Anda ajak barter. Barter ini adalah ketika Anda memberikan beberapa produk secara gratis untuk di-post di halaman media sosialnya tanpa biaya tambahan. Ini merupakan salah satu cara promosi jualan online tanpa modal banyak dan mudah dilakukan.

4. Affiliate marketing bisa jadi cara promosi jualan online

Affiliate marketing merupakan model bisnis yang memberikan komisi dengan jumlah tertentu kepada pihak ketiga yang bantu memasarkan suatu produk. Misalnya, Anda bekerja sama dengan seorang YouTuber untuk memasarkan koleksi hijab terbaru. Anda bisa memberikan link referral yang khusus untuk dipromosikan oleh YouTuber ini di video yang ia unggah.

Kemudian, Anda bisa memberikan komisi untuk setiap pembelian produk melalui link referral tersebut. Contoh kesepakatan yang bisa dilakukan berbeda-beda, sebut saja memberi komisi Rp2.500.000,- kepada YouTuber jika berhasil mendatangkan 100 pembeli.

5. Live shopping di e-commerce atau media sosial

Kini Anda sudah bisa live stream untuk berjualan di platform e-commerce. Semakin menarik live stream Anda, maka jumlah penontonnya akan semakin tinggi, sehingga exposure produk Anda pun akan meningkat.

Ini bisa dijadikan cara promosi jualan yang tidak butuh banyak uang. Bahkan, Tokopedia mencatat siaran langsung di aplikasinya telah meningkatkan kunjungan ke toko hingga 20%. Kemudian pemesanan produk pun meningkat 29%.

6. Personal branding owner di media sosial pribadi

Seringkali warganet mengafiliasikan pemilik dengan bisnisnya. Untuk itu, agar tercipta perspektif positif terhadap produk Anda bisa mulai meningkatkan personal branding di media sosial pribadi. Misalnya, Anda lebih banyak membagikan konten-konten inspiratif, humoris, atau menyenangkan.

Jika warganet melihat bahwa pemilik bisnisnya adalah seseorang yang dapat dipercaya, maka mereka akan lebih yakin untuk membeli produknya. Inilah salah satu cara promosi jualan online tanpa keluar modal banyak.