Tips dan Trik Konten Marketing Bagi Pelaku UMKM

Dewi Fadhilah Soemanagara | 28 Januari 2019, 15:52 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Memasuki tahun 2019, para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus bersiap. Sebab, ada banyak tren konten marketing secara digital yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Setiap tahun tren akan selalu berubah, begitu juga dengan tren konten marketing.

ADX Asia, sebuah marketplace khusus untuk beriklan bagi UMKM, bekerja sama dengan Komunitas Sahabat UMKM, memberikan materi konten marketing sesuai tren 2019 di Kelas Komunitas. Jessica Teresa, Marketing Intelligence Executive ADX Asia membeberkan 5 langkah yang harus dipersiapkan sebelum membuat konten marketing.

“Yang pertama, target market analysis. Sebelum berjualan, kita harus melihat dulu siapa yang akan membeli produk kita. Yang pertama, produk kita ditujukan untuk gender laki-laki atau perempuan? Selain itu, konten juga harus disesuaikan dengan faktor usia,” jelas Jessica dalam Kelas Komunitas Adx Eureka “Tips dan Trik Membuat Konten Marketing untuk Para Pelaku UMKM Sesuai Tren 2019” di Just.Co, AIA Central, Jakarta, Senin (28/1/2019).

Peserta Kelas Komunitas Adx Eureka “Tips dan Trik Membuat Konten Marketing untuk Para Pelaku
UMKM Sesuai Tren 2019” di Just.Co, AIA Central, Jakarta, Senin (28/1/2019). Foto: (doc/MNEWS).

Jessica mengutip kategori usia menurut psikolog Elizabeth B. Hurlock. Berdasarkan kategori usia Hurlock, ada 6 kelompok usia yaitu masa anak-anak (2-10 tahun), pubertas (11-13), remaja awal (13-17), remaja akhir (17-21), dewasa awal (21-40) dan tua (40 ke atas). Mengetahui jenis-jenis kategori usia ini menurut Jessica sangat penting, karena konten yang dibuat akan disesuaikan dengan kategori usia.

“Kemudian kategori lain yang menentukan adalah faktor interest, contohnya ada target pasar yang suka baca buku, fotografi, belanja, traveling dan lain-lain. Kita bisa menyesuaikan dengan hobinya. Lalu, tempat tinggal. Misalnya, kita mau jualan di kota-kota besar, gimana kita mengemas konten, cara penulisan kontennya, bisa kita pelajari dari tempat tinggal calon konsumen. Yang terakhir dari langkah target market analysis, kategori pekerjaan dan kelas ekonomi yang akan menentukan pendapatan, apakah mereka akan membeli produk kita atau tidak,” imbuh Jessica.

Setelah target market analysis sudah ditentukan lebih spesifik, langkah kedua adalah citra & positioning product. Citra adalah kumpulan sifat yang membentuk nuansa atau pesan. Jessica menjelaskan, berbagai macam citra mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, seperti nuansa feminim, sporty, maskulin, elegan, ceria, dan sebagainya yang mengandalkan pada komposisi warna dan desain tertentu.

“Dari sini kita bisa menentukan, mau buat konten yang seperti apa sih? Misalnya mau jual sepatu olahraga, bisa disesuaikan warna dan pengambilan gambarnya agar menimbulkan citra yang sesuai,” pungkasnya.  

Sedangkan positioning product menurut Jessica, artinya ingin dikenal dengan masyarakat sebagai produk yang seperti apa. Jessica memberi contoh foto saus tabasco yang dicitrakan dengan gambar fire extinguisher. Citra dan positioning product harus dirancang dengan baik, agar calon konsumen bisa mendapatkan feel yang pas terkait produk yang diinginkan. Selain itu agar lebih menarik dan berdaya jual.

Salah satu peserta mempraktekkan tips dan trik membuat konten marketing dari ADX Asia
di Kelas Komunitas Adx Eureka “Tips dan Trik Membuat Konten Marketing untuk Para Pelaku
UMKM Sesuai Tren 2019” di Just.Co, AIA Central, Jakarta, Senin (28/1/2019). Foto: (doc/MNEWS)

Langkah ketiga, ada headline campaign. Headline merupakan sebuah judul khusus yang bertujuan menarik atau mengarahkan pembaca ke materi tertentu. Ciri-ciri khusus headline yakni, biasanya lebih menonjol, kata-katanya singkat (maksimal 8 kata), dan berfungsi untuk menarik perhatian. Headline harus disesuaikan dengan produk dan target pasar yang dituju.

Langkah keempat, lanjut Jessica, carilah referensi desain. Referensi desain bisa dicari di media sosial seperti di Instagram atau Pinterest. Portofolio desain juga bisa dicari di behance dengan menggunakan keyword design trend 2019. Sedangkan untuk mencari ikon, bisa di flaticon. Semuanya disediakan secara gratis dan bisa dicari sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Para peserta pun diajak untuk langsung mempraktikkan materi yang telah  diberikan di laptop masing-masing. Dengan menggunakan situs Canva, peserta belajar membuat konten terkait dengan produk yang dimiliki, dengan menerapkan tips-tips yang telah dibeberkan.

Adx Asia sebagai marketplace untuk beriklan dapat menjadi mitra pelaku UMKM dalam mempromosikan usahanya dengan konten marketing yang cocok dengan karakter brand yang dimiliki. Melalui Kelas Komunitas ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat mempelajari bagaimana cara membuat konten marketing yang baik dan tepat sasaran sesuai dengan target dari produk mereka. 

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar