Ilustrasi wisata kuliner. (Foto: iStock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pergi wisata tidaklah lengkap rasanya kalau tidak menikmati kuliner lezat. Banyak orang yang bahkan pergi berlibur bukan hanya ingin wisata, justru berburu kuliner lezat khas daerah setempat.

Menyenangkan berwisata ke berbagai destinasi yang jauh dari tempat tinggal, seperti yang mungkin sedang kamu lakukan di libur Lebaran saat ini.

Budaya yang terdapat di sebuah daerah memang mempengaruhi berbagai jenis kuliner yang terdapat di sana, inilah salah satu alasan mengapa wisata kuliner selalu menjadi hal yang menyenangkan.

Semuanya akan membuat perjalanan wisatamu menjadi lebih seru dari biasanya. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk menikmati wisata kuliner agar momen mudik atau libur Lebaranmu jadi lebih berkesan.

Lakukan riset dan susun daftar target kuliner
Jangan sampai saat ditempat wisata, kamu tidak menemukan sesuatu yang menarik dan tidak tahu tujuannya. Rencanakan dengan matang secara detail, jika ingin berburu kuliner, pastikan Anda tahu apa saja kuliner yang bisa ditemukan di wilayah yang akan dikunjungi nanti.

Lakukan riset sebelum berangkat untuk mengenal berbagai jenis kuliner yang dapat ditemukan nantinya. Selain itu, pilih juga kuliner apa saja yang akan dinikmati selama berwisata nanti. Lakukan juga riset tempat dan harga terbaik untuk mencicipi kuliner khas setempat, dengan melakukan riset ini akan memudahkan kamu saat berkunjung.

Buat rencana dan anggaran wisata
Penting untuk menyusun rencana perjalanan yang detail, seperti memilih transportasi untuk perjalanan nanti. Susunlah rencana perjalanan yang tepat dan menyenangkan, agar kegiatan wisata bisa memberikan banyak manfaat.

Jangan lupa untuk menyusun anggaran perjalanan, agar bisa menyiapkan dana yang cukup sebelum berangkat. Aturlah pengeluaran dengan baik, dimulai dari pembelian tiket dan juga biaya hotel yang akan dibutuhkan selama berlibur.

Nikmati liburan sambil belajar budaya lokasl
Kamu perlu menikmati liburan dengan berbagai kegiatan seru yang menyenangkan, termasuk mempelajari budaya lokal daerah setempat. Ini bisa dilakukan dengan banyak cara, bahkan melalui beragam kuliner yang dinikmati di sana.

Di tempat kuliner biasanya kamu akan berjumpa dengan penduduk lokal dan bisa berinteraksi secara langsung sembari menikmati kuliner setempat. Misalnya cari tahu asal muasal kuliner tersebut hingga bagaimana cara membuatnya.

Interaksi dengan penduduk setempat
Selain berburu kuliner, kamu mempunyai banyak waktu menikmati keindahan alam. Anda juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal disana, hal ini akan sangat menyenangkan berbagi cerita sambil ditemani alam yang menawan.  

Tidak perlu takut selama bepergian dan berinteraksi dengan sopan kepada orang-orang di sana, kamu tentu akan diterima dengan senang hati oleh mereka.