Kedai kopi Phenam di Makassar yang telah berdiri sejak 1946. (Foto: Regina Tju)

MNEWS.co.id – Indonesia kaya akan beragam kulinernya yang menggugah selera, mulai dari makanan berempah, kue tradisional, hingga kopi khas daerah yang dapat memanjakan penikmatnya dengan sensasi rasa tersendiri yang meninggalkan kesan unik di lidah.

Di tengah menjamurnya tempat kuliner baru dengan beragam menu kekinian saat ini, tidak dapat dipungkiri masih ada beberapa tempat kuliner legendaris yang masih tangguh berdiri dan mampu bersaing dengan para pemain baru.

Selain dikenal karena usianya yang cukup tua, tempat-tempat kuliner legendaris ini juga menyimpan banyak sejarah untuk dipelajari para food traveler.

Mengunjungi beberapa daerah di Indonesia untuk melakukan wisata kuliner tidak hanya menjadi kesempatan untuk mencicipi cita rasa otentik dari sebuah hidangan lokal, tetapi juga dapat menikmati sensasi unik ketika menyantapnya langsung di daerah asalnya.

Yuk, kita berkunjung ke beberapa tempat kuliner kaya sejarah di Indonesia yang mungkin bisa menjadi ide untuk wisata Anda berikutnya.

1.Kong Djie Coffee, Belitung

(Foto: tripadvisor.com)

Pulau Belitung yang terletak di lepas pantai timur Sumatra ini memiliki banyak destinasi kuliner menarik. Nah, bagi para pecinta kopi, Kong Djie Coffee patut ada di bucket list ketika hendak mengunjungi Kepulauan Bangka Belitung.

Berdiri sejak 1943, Kong Djie Coffee telah mewariskan budaya ngopi ala warga Belitung yang sudah ada sejak abad ke-19, ketika kopi dapat menyatukan masyarakat Belitung dari berbagai latar belakang, usia, agama, hingga suku.

2. Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto, Palangkaraya

Salah satu Pahlawan Nasional Indonesia, Tjilik Riwut menyisakan banyak kenangan yang mendalam bagi masyarakat Kalimantan Tengah, termasuk Palangkaraya.

Untuk mengenang jasanya, Rumah Tjilik Riwut yang sempat menjadi rumah dinas Tjilik pada 1959, saat menjabat menjadi Gubernur Pertama Kalimantan Tengah, kini dialihfungsikan menjadi restoran yang menyajikan menu-menu khas suku Dayak, seperti Juhu Umbut Rotan, Tanak Baung, Seluang Goreng, hingga Kandas Sarai.

3. Tip-Top Restaurant, Medan

(Foto: tiptop.medan.com)

Tidak hanya dikenal sebagai daerah dengan pesona sungainya yang indah, Medan juga dikenal akan berbagai tempat kulinernya yang patut diacungi jempol. Seperti Tip-Top Restaurant, restoran serta toko kue yang sudah memanjakan lidah konsumen sejak tahun 1934 ini menjadi tempat kuliner andalan masyarakat Medan dengan sajian beragam hidangan lezat mulai dari menu khas Indonesia hingga barat (western).

Hingga saat ini, Tip-Top Restaurant menjaga cita rasa kuenya dengan tetap memanggang menggunakan tuku api yang usianya sudah hampir mencapai satu abad!

Jangan lupa untuk mencicipi menu Tip-Top Restaurant yang khas seperti kue Belanda Moorkop atau makanan khas Indonesia Ayam Panggang Santan.

4. Phoenam, Makassar

(Foto: Regina Tju)

Memiliki arti ‘tempat persinggahan Selatan’, Phoenam menawarkan cita rasa kopi nikmat yang diseduh dari biji kopi Toraja. Didirikan pada 1946, eksistensi Phoenam tetap tangguh di tengah maraknya gempuran kedai kopi baru saat ini, menyajikan beberapa menu andalan seperti Kopi Susu Phoenam dan Roti Panggang Kaya Phoenam.

Hingga kini, Phoenam dikenal memiliki nilai sejarah dan menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Makassar, menjadikannya kedai kopi andalan yang patut dicoba!

Bagaimana? Sudah siap menyambangi tempat kulineran di atas?