Konsep 'Mindset' Co-Founder Pasta Kangen Dalam Membangun Usahanya

Regina Mone | 01 November 2019, 16:50 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Kekuatan yang dimiliki oleh pelaku usaha tidak hanya terletak pada rencana serta strategi bisnis yang ada, namun juga mengenai mindset yang tepat untuk menjadi pengusaha sukses.

Mempunyai mindset bisnis yang tepat merupakan sebuah modal penting dalam mengembangkan bisnis di bidang apapun. Dengan adanya mindset tersebut, maka pelaku usaha akan memiliki tujuan lebih besar dan kekuatan untuk bertahan dari berbagai rintangan bisnis yang pasti akan datang.

Berlian Richie, selaku Co Founder dan Direktur Utama PT Sukses Jaya Indotama mengatakan, dalam memulai bisnis harus memperkuat mindset agar bisnis semakin sukses. Menurutnya kebanyakan orang yang akan memulai usaha, lebih memikirkan keuntungan yang didapat.

"Para pelaku usaha kadang lebih suka mikirin keuntungan dulu, misalkan usaha yang dibangun dapat hasilnya 200 juga maka nanti uang itu mau digunain buat apa," kata Richie saat menjadi narasumber dalam Kelas Komunitas Sahabat UMKM bersama Info Franchise Expo bertema "Creative & Innovative Culinary For Sustainable Business" di Jakarta Creative Hub, Kamis (31/10/19).

Berlian Richie saat menjadi narasumber dalam Kelas Komunitas Sahabat UMKM bersama Info Franchise Expo bertema "Creative & Innovative Culinary For Sustainable Business" di Jakarta Creative Hub, Kamis (31/10/19). (Foto: MNEWS)

Richie memaparkan dalam merintis sebuah bisnis, dirinya memiliki rumus yaitu 'Why+How= What'. Maksudnya adalah saat membangun bisnis pelaku usaha harus mempunyai alasan, yaitu untuk siapa bisnis ini dibangun. Selanjutnya, hanya tinggal memikirkan cara bagaimana mengembangkan bisnis yang ada serta hasil yang ada digunakan untuk apa.

"Karena kalau faktor 'why' saja sudah kuat, saat kita mendapatkan berbagai rintangan maka kita nggak bakalan cepat nyerah karena kita tau bisnis ini dibangun untuk siapa. Misalkan buat anak, suami, keluarga," tambahnya.

Richie juga menceritakan mengenai perjalanannya membangun bisnis Pasta Kangen yang merupakan sebuah bisnis kuliner berbasis komunitas pertama dimana semua mitra atau anggotanya bersatu menjadi sebuah keluarga besar dan saling bersinergi didalamnya.

Memasuki usia tahun keempat, saat ini Pasta Kangen sudah memiliki 600 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, pada tahun 2017 Pasta Kangen juga mendapatkan penghargaan dari Tokopedia dengan kategori "Mitra Best Restaurant". 

Modal usaha yang digunakan saat membangun usaha tersebut adalah hasil dari gaji saat bekerja menjadi pegawai PNS Jakarta. Selain menjadi karyawan, Ia juga berjualan es durian yang dilakukan setelah pulang kerja.

Omset yang didapatkan saat berjualan pun melebihi gaji yang didapatkan. Setelah berjualan menggunakan gerobak, Richie pun akhirnya pindah di foodcourt, namun karena biaya sewa yang mahal akhirnya Ia memutuskan untuk membuat cafe dengan satu lantai dan berkembang hingga saat ini yaitu Foodpedia.

Richie berharap Foodpedia bisa menjadi wadah konsultasi gratis untuk para pelaku usaha agar bisa saling sharing mengenai masalah serta memberikan solusi satu sama lain baik antara mitra lama ataupun baru.

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar