Ilustrasi kaus kaki. (Foto: freepik.com/author/wirestock)

MNEWS.co.id – Dari satu pesanan hingga akhirnya menerima ribuan orderan kaus kaki, gimana sih caranya? Yuk, kita intip strategi penjualan ala Gloriana Ichsan, seorang pelaku UMKM dari Jakarta.

Kesuksesan Gloria dalam dunia bisnis dimulai dengan transisi profesinya sebagai seorang dokter menjadi penjual online. Pada tahun 2018, Gloria memulai perjalanan bisnisnya, dan pada tahun 2020, Ia akhirnya merintis My Socks Jakarta secara online karena melihat adanya potensi perkembangan bisnis yang lebih luas serta mendapat banyak dukungan dari rekan-rekannya. 

Sesuai dengan namanya, My Socks Jakarta fokus menjual berbagai jenis kaus kaki dengan koleksi menarik dan menggemaskan yang kini telah sukses terjual hingga ribuan produk.

Hasil dari usaha Gloria dalam memulai bisnisnya tidaklah instan, karena ribuan produknya tidak terjual dengan mudah begitu saja. Dibutuhkan dedikasi, kerja keras, serta strategi yang tepat sasaran untuk membangun bisnisnya tersebut.

Meskipun hanya berhasil menjual 1-2 produk di awal perjalanan bisnis online-nya, Gloria tak menyerah dan tetap bersemangat menjalankan semua operasional toko secara mandiri, mulai dari proses pengemasan hingga pengiriman pesanan. Semua ini dilakukan dengan harapan besar bahwa bisnisnya akan terus berkembang.

Lalu, apa yang menjadi strategi penjualan dan rahasia keberhasilan Gloria dalam mengembangkan usaha kaus kakinya? Yuk, simak kiat ala Gloria berikut ini.

Variasi Produk yang Banyak
Gloria senantiasa berupaya memperbanyak pilihan produk yang menarik sesuai dengan tren pasar terkini, dengan tujuan membuat My Socks Jakarta menjadi lebih unggul dari pesaing lainnya.

Saya coba untuk memperbanyak variasi agar toko saya punya lebih banyak pilihan yang sesuai dengan selera pasar, saya juga evaluasi apa yang menjadi minat pasar supaya bisa punya produk yang tepat. ujar Gloria dikutip MNEWS.co.id dari laman Kampus Shopee.

(Foto: My Socks Jakarta)

My Socks Jakarta tak hanya menyediakan berbagai koleksi kaus kaki, namun juga menawarkan beragam aksesoris fashion, termasuk sarung tangan dengan motif unik dan berbagai variasi. Gloria berharap bisa terus mengembangkan bisnis online-nya dengan selalu mengamati minat dan tren pasar.

Dengan strategi ini, My Socks Jakarta dapat menghadirkan lebih banyak jenis produk dan menarik lebih banyak pembeli untuk berbelanja di toko online-nya.

Layanan Cepat dan Ramah
Memiliki performa chat hingga 98% di toko online-nya menunjukkan bahwa Gloria sangat mengutamakan memberikan pelayanan terbaik kepada calon pembeli dan pelanggan.

Setiap masukan dari calon pembeli dan pelanggan, baik yang bersifat positif maupun negatif, Gloria terima dengan tangan terbuka.

Bagi Gloria, merespons dan memberikan tanggapan yang ramah terhadap masukan dari calon pembeli dan pelanggan adalah kunci untuk meningkatkan interaksi dengan mereka serta menjadikan usahanya semakin berkembang.

Menanggapi pembeli yang tidak ramah tentunya adalah tantangan bagi setiap penjual, ya. Tapi kita harus tetap pastikan untuk selalu menanggapinya dengan sebaik mungkin. Walaupun kadang kita harus jadinya mengalah, tapi ya, itu prosesnya,” kata Gloria.

Gloria meyakini bahwa terlepas dari kualitas produknya, pendekatan ini yang membuat pembeli cenderung melakukan order secara berulang (repeat order) dan menjadi setia terhadap tokonya. Hal ini disebabkan oleh respons yang cepat dan tanggap dari Gloria terhadap setiap masukan atau pertanyaan yang diterima melalui layanan chat.

Harga Produk yang Tepat
Sebagai penjual, penting sekali untuk menentukan harga jual yang tepat, tidak terlalu mahal maupun terlalu murah. Selain itu, tetapkan dengan cermat anggaran untuk promosi guna menarik lebih banyak pembeli.

Menurut saya sih jangan sampai pasang harga terendah ya, walaupun bakal menarik pembeli, tapi kan pemasukan jadi rendah dan dana buat promosinya juga bakal jadi sedikit,” ujar Gloria.

Memaksimalkan Fitur Promosi di Platform E-commerce
“Saya selalu pakai Iklan Pencarian buat naikin visibilitas produk. Selain itu juga saya pakai Promo Toko dan kalau saya punya produk baru, saya biasa naikinnya pakai fitur Kombo Hemat yang membantu up selling. Kalau untuk tanggal kembar kita bisa pakai lebih banyak promosi lagi buat naikin penjualan,” ujar Gloria.

Live Selling
Langkah selanjutnya bagi Gloria untuk meningkatkan penjualan produknya adalah dengan mulai menggunakan strategi Live Selling untuk memperluas jangkauan pasar dan memperbanyak penjualan.

“Berikutnya saya mau coba pakai Shopee Live karena kayaknya banyak banget pembeli yang lebih tertarik kalau ada video, soalnya sejauh ini juga mysocksjakarta kan baru pakai foto yah, jadi mau coba buat video nantinya,” ucapnya.

Tidaklah mudah bagi Gloria ketika dia memutuskan untuk berubah arah dari profesi kedokteran ke dunia penjualan toko online yang harus dimulai dari nol. Namun, dengan semangat dan harapan yang besar untuk membantu perekonomian keluarganya, Gloria mengatasi semua tantangan itu.

Gloria pun berbagi pesan kepada para sesama pelaku UMKM yang sedang atau baru merintis usahanya agar tidak ragu untuk mencoba dan memulai meskipun tanpa modal besar.

Dia juga menekankan pentingnya bagi pelaku UMKM untuk kerap melakukan quality control dalam menjalankan bisnis agar produk yang dihasilkan berkualitas.

“Selama ada niat dan usaha yang sungguh-sungguh, hasilnya juga akan optimal,” tutupnya.