Ilustrasi produk lokal. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – Rumah Digital Indonesia (RDI) menjadi wadah untuk merayakan kemerdekaan sekaligus etalase produk-produk UMKM unggulan dari 34 provinsi di Indonesia.

Ada berbagai jenis produk UMKM yang bisa dibeli di Pasar Lokal RDI. Mulai dari makanan dan minuman, busana pria dan wanita, produk-produk olahraga, aksesoris, hingga wastra (kain tradisional yang sarat makna budaya nusantara).

Kepala Bagian Layanan KUKM Smesco Indonesia Astika Kasiro mengatakan, produk-produk UMKM yang dijual di Pasar Lokal RDI dipastikan berkualitas. “Kualitas produk UKM dari 34 provinsi tidak kalah mutunya dibanding produk impor, dan yang dipasarkan di Pasar Lokal RDI sudah melalui seleksi,” kata Astika.

Sebelum dipasarkan di RDI, produk-produk UMKM dari berbagai daerah itu diseleksi dari segi kualitas produk, kemasan, desain produk, kapasitas produksi, hingga legalitas produknya. Selanjutnya, Smesco mengecek izin PIRT hingga lulus uji BPOM produk UMKM tersebut.

Astika menyampaikan, ada 1.878 pelaku UMKM yang bergabung di Pasar Lokal RDI. Konsumen bisa melihat-lihat atau mencari langsung produk yang akan dibeli di Pasar Lokal RDI.

Setelah itu, pembelian produk bisa dilakukan lewat empat marketplace, yakni Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan LaDaRa Indonesia. Sebab, Pasar Lokal RDI terhubung langsung dengan empat marketplace tersebut.

Tidak hanya deretan produk-produk lokal berkualitas, tapi marketplace seperti LaDaRa juga bersiasat memberikan sejumlah potongan harga untuk memikat masyarakat berbelanja di Pasar Lokal RDI.

Marketing Manager LaDaRa Indonesia, Debby Christince Rattu juga memastikan bahwa produk-produk UMKM yang dipasarkan di Pasar Lokal RDI dan terhubung langsung dengan LaDaRa punya kualitas baik.

Ia tahu betul soal kualitas produk UMKM karena visi dan misi LaDaRa adalah mewadahi para pelaku UMKM lokal. LaDaRa membuka kesempatan seluas-luasnya kepada semua pengrajin di seluruh Indonesia untuk memasarkan produk mereka. Sebab, memasarkan produk asli buatan Indonesia menjadi prioritas LaDaRa.

“LaDaRa sepenuhnya membantu para UMKM/IKM untuk memasarkan produknya di LaDaRa. LaDaRa membantu mengenalkan produk-produk asli buatan Indonesia ke Sabang sampai Merauke dengan promo online dan offline. Produk-produk lokal menjadi ujung tombak dari LaDaRa,” ungkapnya.

Saat ini, ada sekitar 1.500 pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang memasarkan produknya marketplace yang diprakarsai oleh para istri anggota TNI itu.

Dengan kualitas yang tak diragukan lagi, kata Debby, produk-produk lokal kini banyak dilirik dan dibeli masyarakat. Oleh karena itu, Smesco dan LaDaRa mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu berbelanja produk UMKM.

Untuk berbelanja di Pasar Lokal RDI bisa mengakses www.rumahdigitalindonesia.id. Setelah itu, pilih peta, lalu masuk ke Pasar Lokal. Konsumen bisa melihat produk-produk UMKM di kategori yang tersedia atau berdasarkan provinsi. Bisa juga langsung mencari produk yang akan dibeli melalui kolom “Cari barang”.