Ilustrasi Aplikasi WhatsApp. (Foto: Pexels/Anton)

Jakarta, MNEWS.co.id – WhatsApp memperkenalkan fitur tambahan untuk membantu para pelaku bisnis dan konsumen berniaga di WhatsApp, seperti meluncurkan tombol Belanja untuk memudahkan pengguna melihat katalog-katalog barang yang diinginkan.

Menurut WhatsApp fitur berupa tombol belanja baru itu menampilkan katalog yang dijual, belum untuk bertransaksi. Dengan fitur itu, konsumen dapat dengan cepat dan mudah menemukan sesuatu yang mungkin ingin mereka beli.

Salah satu alasan WhatsApp meluncurkan fitur baru karena para pengguna semakin mengandalkan WhatsApp untuk melakukan transaksi bisnis. Selain itu, pandemi global telah menunjukkan dengan jelas bahwa suatu bisnis memerlukan cara yang cepat dan efisien untuk melayani pelanggan dan mendorong penjualan.

WhatsApp menggulirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna belanja melalui chat. (Foto: Dok. WhatsApp)

“Kami mendengarkan masukan yang kami terima mengenai hal apa saja yang dapat membantu bisnis dan kami yakin bahwa WhatsApp dapat membuat perpesanan menjadi cara terbaik untuk menghubungkan pelanggan dan bisnis,” kutip WhatsApp dalam keterangan resmi dilansir dari Kompas.com.

Dalam fitur barunya, WhatsApp memperluas pilihan pengguna untuk melihat produk yang tersedia dan melakukan pembelian secara langsung dari chat. Kemudian, WhatsApp mengaku akan menyediakan opsi baru kepada bisnis untuk mengelola pesan WhatsApp melalui layanan hosting yang rencananya akan ditawarkan oleh Facebook.

Keberadaan opsi ini disebut akan mempermudah bisnis kecil dan menengah untuk memulai bisnis, menjual produk, memperbarui inventaris, dan merespons dengan cepat pesan yang mereka terima, di mana pun karyawan mereka berada.

Terakhir, WhatsApp menyampaikan akan mengenakan biaya untuk sebagian layanan yang mereka tawarkan kepada bisnis yang menjadi pelanggannya. WhatsApp beralasan biaya itu untuk terus menyediakan dan memperluas layanan perpesanan teks dan panggilan suara, serta video yang terenkripsi secara end-to-end untuk lebih dari dua miliar pengguna.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan tampak pengguna dapat memilih barang yang tersedia dalam katalog sebuah akun WhatsApp Business. Kemudian pengguna bisa menambahkannya ke dalam keranjang belanja.

Setelah itu dilakukan, pengguna bisa melanjutkan ke menu pembayaran dan memilih metode pengiriman yang tersedia seperti yang ada pada e-commerce. Namun, tidak diketahui secara pasti metode pembayaran apa yang digunakan WhatsApp. Hanya terlihat bahwa pengguna bisa memilih pembayaran melalui kartu debit dan memilih mengambil sendiri sesuatu yang dibelinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here