Ilustrasi Kegiatan Memasak. (Foto: Pexels/Daria Obymaha)
Ilustrasi Kegiatan Memasak. (Foto: Pexels/Daria Obymaha)

Jakarta, MNEWS.co.id – Beberapa pemerintah daerah di Indonesia, dari Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah meliburkan sekolah dan kegiatan belajar mengajar untuk mencegah penyebaran virus corona. Masyarakat juga diimbau untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah, menjauhi keramaian dan tetap di rumah.

Namun, menghabiskan waktu di rumah tentu terasa membosankan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan social distancing atau menjaga jarak sosial dari wabah corona. Berikut ini kegiatan yang bisa dilakukan selama di rumah;

  • Membaca Buku

Aktivitas membaca buku adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan rasa bosan. Coba tengok sudut kamar Anda apakah ada tumpukan buku yang belum pernah dibaca? Usai menyelesaikan pekerjaan atau tugas, mulailah aktivitas membaca buku-buku tersebut.

  • Menonton Drama

Berhubung selama social distancing ini, Anda memiliki banyak waktu luang dengan memanfaatkan untuk melakukan aktivitas maraton menonton drama. Pilihlah drama yang sudah tamat. Satu episode setidaknya berdurasi 40-60 menit sehingga setiap harinya bisa menyelesaikan tiga sampai empat episode. 

  • Memasak

Kebersihan makanan harus lebih dijaga supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Makanan yang kamu beli di luar, belum tentu dibuat dengan higienis. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu yang ada untuk melakukan aktivitas memasak makanan yang sehat. Melalui aktivitas ini, selain lebih terjamin kebersihannya pun bisa menghemat pengeluaran. 

  • Berolahraga

Selama berada di rumah, Anda tetap wajib melakukan aktivitas olahraga agar tubuh semakin sehat. Pilihlah aktivitas olahraga yang tidak melibatkan orang lain dan tidak merusak perabotan di rumah, misalnya aktivitas yoga, senam, lompat tali, dan zumba. Saat ini pun sudah ada banyak video instruktur gratis di dunia maya yang bisa kamu jadikan sebagai panduan.

  • Bercocok Tanam

Manfaatkan periode social distancing ini dengan aktivitas bercocok tanam. Mulailah aktivitas ini dari menyapu daun kering, memotong bagian tanaman yang layu, memberi pupuk, dan memberikannya air. 

  • Membersihkan Rumah

Berada di dalam rumah selama dua minggu akan membuatmu merasa sumpek. Nah, supaya merasa lebih nyaman, mengapa tidak sekalian melakukan aktivitas bersih-bersih rumah saja? Mulailah aktivitas ini dengan membuka lemari dan singkirkan semua barang yang sudah tidak terpakai. Setelah itu, bersihkan debu dan kotoran di setiap sudut ruangan. Dengan demikian, rumah akan terasa lebih lega dan bersih.

  • Pengembangan Diri

Mengembangkan kemampuan diri dapat memberikan nilai plus untuk karir dan kehidupan Anda. Aktivitas pengembangan diri ini dapat berupa belajar bahasa baru, mendalami hobi, belajar menggambar, belajar menjahit, mencari tahu tren marketing atau bisnis terkini, dan sebagainya. Sementara, alat yang dibutuhkan hanyalah internet dan gadget.

  • Merawat Diri

Aktivitas merawat diri bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Mulailah dari creambath rambut, scrubbing tubuh, menggunakan masker wajah, berendam dengan bath bomb, hingga memotong kuku. Tidak hanya penampilan saja yang terjaga, melainkan pikiran pun akan jadi lebih rileks dengan aktivitas ini.