Ibu Rumah Tangga (IRT) penjahit menyelesaikan pembuatan masker kain. (Foto: Dok. RUMAN Aceh)

Banda Aceh, MNEWS.co.id Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh memberdayakan UMKM untuk membuat masker kain. Hal itu dilakukan untuk mengatasi kelangkaan masker di tengah pandemi virus Covid-19.

“Saat ini kondisi sedang terdesak, stok masker medis terbatas dan pemakaiannya juga hanya sekali pakai,” kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Ia menjelaskan pemesanan masker kain kepada UMKM tersebut sebagai salah satu upaya pemkot meningkatkan ekonomi masyarakat di Banda Aceh. Sebelumnya, pihaknya telah membagikan 20 ribu masker kain kepada warga yang merupakan hasil produksi UMKM lokal.

“Kami pemerintah kota Banda Aceh memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM dalam pembuatan masker ini, dalam syarat dan ketentuan berlaku,” ungkapnya.

Untuk tahap awal, Pemkot meminta 50 UMKM dengan 150 lembar masker kain per UMKM-nya. Dan bagi pelaku usaha berminat dapat segera mendaftar di posko siaga bersama Pemkot Banda Aceh.

Aminullah menambahkan berbagai upaya terus dilakukan Pemkot Banda Aceh untuk mencegah penyebaran virus Corona di ibu kota Provinsi Aceh. Lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan serta Satpol PP/WH, pihaknya terus melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas publik mulai dari perkantoran, pasar, hingga rumah ibadah.

“Hingga saat ini sudah ada 156 titik yang kita semprot disinfektan yang terdiri dari masjid, meunasah, dayah, pasar, hingga perkantoran,” katanya.

Aminullah menyebut, pihaknya menargetkan ada 300 titik ruang publik di Banda Aceh yang akan disemprot disinfektan, termasuk sekolah-sekolah, kantor desa, dan tempat publik lainnya.

Tidak hanya itu, Ia menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan 100 wastafel (tempat cuci tangan) portabel untuk ruang publik dan tempat ibadah. Pemkot Banda Aceh telah menyalurkan zakat bagi fakir miskin dan uzur, dengan total penerima sebanyak 6.653 orang dan jumlah dana Rp 4,9 miliar. Kemudian juga dibuka pasar murah online dengan total 4.000 paket sembako yang telah disalurkan.