Warkop di New York. (Foto: Instagram/warkopnyc)

Jakarta, MNEWS.co.id – Baru-baru ini viral sebuah warung kopi (warkop) buka di salah satu kota besar dunia, New York. Bahkan, konsep tempat makan juga sengaja dibuat mirip dengan warkop di Indonesia.

Omar Karim Prawiranegara selaku founder Warkop NYC membeberkan alasan dibukanya warkop yang menjual mie instan dan bakwan ini.

“Kami merasa warkop yang merupakan everyday place for everyone di Indonesia cocok dengan karakter kota New York yang punya fast pace dan juga melting point untuk exposure sebuah brand. Keresahan kita akan exposure kuliner dan juga pop culture Indonesia di dunia luar sampai saat ini masih samar-samar,” ujar Omar dikutip dari detikFood.

Omar Karim juga menjelaskan bahwa Ia ingin Indonesia tidak hanya dikenal lewat sedikit budaya meski punya segudang ciri khas yang patut ditunjukkan di mata dunia.

“Kita ingin Indonesia ga cuma dikenal hanya lewat batik dan wayang, kita punya banyak sekali karya kreatif anak muda yang bisa diangkat, Nah kami berharap Warkop NYC ini bisa menjadi hub cult tersebut, bisa nongkrong nikmatin indomie sambil bahas mungkin karya seni teman2 Indonesia yang di pajang warung,” tambahnya.

Apalagi Omar sedikit menyinggung soal rasa Indomie yang sudah diakui sebagai mie instan terbaik versi NY Magz.

“Ditambah lagi momentum Indomie goreng dinobatkan sebagai the best instant noodle oleh NY Magz juga bisa langsung dirasakan pengalamannya disini oleh newyorker,” kata Omar.

Dalam membangun Warkop NYC ini, Omar tidak sendiri karena ia ditemani rekannya Teguh Chandra. Keduanya kemudian bertemu dengan Cut Lakeisha Salsabila di New York yang kemudian bergabung menjadi partner. Ketiganya ini merencanakan bisnis warkop di New York sejak Agustus 2021.

Sejak resmi dibuka pada 3 Maret 2022 ini, Omar mengatakan respon masyarakat sangat antusias terutama WNI.

“Sampe rela antri sampe 30 menit karena tempat kita terbatas hanya 20 kursi. Banyak juga yg jadikan warkop kami semacam destinasi wisata, foto-foto, bikin blog atau sekedar nostalgia selama kuliah dulu di daerah masing-masing,” ungkap Omar.

Untuk varian menu yang ditawarkan di warkop ini, Omar menjelaskan menu Indomie goreng dan bakwan jadi yang paling laku. Diakui Omar, stok Indomie di Amerika cukup terbatas jadi Ia menyiasati dengan varian yang tersedia di pasar.