Ilustrasi. (Foto: Travel Kompas)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa kondisi masa pandemi Covid-19 terus menunjukan perbaikan. Wilayah DKI Jakarta dan Surabaya kini turun ke level 2 PPKM karena jumlah kasus yang terus menurun.

“Saat ini aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya Raya kembali masuk ke level 2 dikarenakan penurunan kasus konfirmasi harian dan juga rawat inap rumah sakit, terkait detil informasi ini akan tertuang dalam inmendagri yang akan keluar hari ini,” katanya dilansir dari Kompas.com.

Luhut mengatakan berdasarkan data yang dievaluasi pemerintah,  tren kasus harian Covid-19 nasional menurun sangat signifikan. Turunnya kasus harian dibarengi dengan turunnya jumlah rawat inap dan tingkat kematian.

 “Secara khusus perlu kami informasikan bahwa kondisi tren penurunan kasus konfirmasi harian terjadi di seluruh provinsi di Jawa dan Bali bahkan tingkat rawat inap di rumah sakit seluruh provinsi Jawa Bali juga telah menurun terkecuali DIY, Namun DIY, kami perkirakan akan turun dalam beberapa hari ke depan ini,” tambah Luhut.

Secara spesifik Luhut mengungkapkan kondisi kasus kematian di DKI, Bali dan Banten mengalami penurunan. Ia pun memprediksi angka kasus kematian di ketiga provinsi akan semakin menurun dalam waktu dekat.

Sebelumnya, PPKM Jabodetabek dan Surabaya Raya berada di level 3. Saat itu, kasus Covid-19 di dua wilayah itu mengalami peningkatan relatif signifikan.

“Seiring perbaikan situasi pandemi Covid-19 semakin hari semakin baik maka sejumlah kabupaten kota yang kembali masuk ke level 2 meningkat cukup signifikan,” pungkasnya.