Pesan Antar Makanan
Ilustrasi jasa pesan antar makanan (Foto: Shutterstock)

MNEWS.co.id – Dalam rilisan data GrabAds menunjukkan bahwa 9 dari 10 pengguna Grab di Indonesia berencana untuk menggunakan layanan pesan-antar makanan selama bulan Ramadan dan kebanyakan dari mereka memesan dengan jumlah yang lebih besar.

Hal ini menciptakan peluang yang besar bagi pemilik usaha kuliner, khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dalam rilisan tersebut juga mengungkapkan jika sebanyak 39 konsumen berencana untuk membuat pesanan buka puasa antara pukul 12.00-17.00 WIB, sedangkan 40 persen lainnya mengungkapkan akan memesan makanan antara pukul 17.00-19.00 WIB.

Data internal Grab menunjukkan bahwa pesanan GrabFood juga mengalami peningkatan yang signifikan sebelum sahur, yaitu lebih dari 200 persen di antara pukul 01.00-04.00 WIB. Jam-jam itu membuka peluang bagi pelaku UMKM kuliner untuk menjalankan iklan yang menarik bagi pelanggan pada rentang waktu tersebut.

Selain itu, data Grab juga menunjukkan bahwa konsumen di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menghabiskan rata-rata 17 menit untuk mencari dan menelusuri katalog restoran di GrabFood sebelum memesan makanan.

Mengacu pada data tersebut, pelaku UMKM kuliner bisa memanfaatkan iklan penelusuran dalam platform pesan antar makanan online untuk meningkatkan penjualan di jam-jam sibuk saat bulan Ramadan.