Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, didampingin Manajemen PT Indomarco Prismatama (Indomaret), saat berkeliling melihat produk-produk unggulan UMKM. (Foto: Wartakota)
Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, didampingin Manajemen PT Indomarco Prismatama (Indomaret), saat berkeliling melihat produk-produk unggulan UMKM. (Foto: Wartakota)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota Jakarta bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama dan PT Mondelez Indonesia Trading menggelar Pelatihan Kewirausahaan.

Pelatihan yang bertemakan ‘Menumbuhkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Inovasi & Kreativitas UMKM’ itu dibuka langsung oleh Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, di Ruang Serba Guna Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Minggu (3/2/20).

Pelatihan ini bertujuan memberikan informasi dan edukasi tentang bagaimana para pelaku UMKM serta Industri Kecil Menengah (IKM) dapat memasarkan produk-produk unggulannya di seluruh toko Indomaret Cabang Jakarta 2.

Anwar menjelaskan, produk UMKM dan IKM unggulan di daerah Jakarta Timur cukup banyak. Namun, kendalanya masih sulit dalam memasarkan produk-produknya. Menurutnya, di Jakarta Timur terdapat sekitar 300 toko Indomaret yang tersebar di 10 kecamatan.

“Nantinya produk-produk unggulan lokal UMKM dan IKM Jakarta Timur akan dipasarkan di retail mereka,” ujarnya.

Harmoni Agung Kristianto, Branch Manager Indomaret Cabang Jakarta 2, mengatakan, berbagai produk makanan khas Jakarta Timur akan masuk ke toko Indomaret melalui beberapa persyaratan agar produk itu dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Secara prinsip, syaratnya hanya mengikuti aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Seperti memiliki izin Produksi Industri Rumah Tangga, label halal, komposisi produk, masa kedalwuarsa produk, serta visual packaging.

Menurutnya, Indomaret terus menjalankan komitmen untuk berkembang bersama para Mitra UMKM dengan mengajak dan melakukan edukasi Mitra UMKM agar dapat mandiri, mampu bersaing, dan berkompetensi. Dalam kesempatan ini juga dilakukan pemberian bantuan 10 unit gerobak bagi para pelaku UMKM yang terpilih.