Ilustrasi Festival Muslim. (Foto: Unsplash/Raden Prasetya)
Ilustrasi Festival Muslim. (Foto: Unsplash/Raden Prasetya)

Temanggung, MNEWS.co.id – Komunitas Muslim di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengadakan Festival Muslim di halaman Gedung Pemuda Temanggung. Kartika Sari selaku Ketua Panitia Festival Muslim menjelaskan, kegiatan ini diadakan guna memperkuat ekonomi syariah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan konsep bisnis berbasis syariah dan gaya hidup halal tersebut tertanam kuat dan menjadi fondasi yang mampu menggerakkan roda perekonomian bangsa,” ungkapnya.

Festival ini berlangsung pada 4-5 Februari 2020, dan mendukung pengembangan industri halal menjadi besar dan halal serta menjadi gaya hidup. Festival ini menampilkan produk-produk halal dari para pelaku UMKM. Antara lain sekolah berbasis Islam, produk pakaian, makanan, kosmetik, dan start up berbasis syariah.

Festival Muslim ini tidak hanya sekadar mengajak mengenal produk halal. Namun juga menyuguhkan pemikiran untuk mengimplementasikan fiqih-fiqih muamallah kontemporer guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin hijrah pada gaya hidup halal.

Beberapa pelaku usaha mengapresiasi pelaksanaan festival Muslim ini. Selain wahana edukasi dan sosialisasi umat Islam mengenali esensi konsep halal, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi pengusaha Muslim terhadap Indonesia yang sedang mempersiapkan sebagai tuan rumah ekonomi dan keuangan syariah pada 2024.

“Kegiatan ini bagus sekali dan meningkatkan ridho muslim muslimah, khususnya di Temanggung. Kebetulan kegiatan ini baru pertama kali dilakukan dengan tema tanpa mengenal lelah,” kata Tania pelaku UMKM peserta Festival Muslim.

Dengan memanfaatkan jumlah populasi Muslim terbanyak di Indonesia, ke depan diharapkan mampu menciptakan pasar baru produk-produk halal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.