Ilustrasi produk sepatu lokal. (Foto: Katadata)

Jakarta, MNEWS.co.id – Untuk bisa mengangkat produk lokal ke jangkauan pasar yang lebih luas, para pelaku usaha dituntut untuk bisa lebih aktif lagi dalam membangun strategi agar penjualannya bisa lebih meningkat.

CEO Garis Temu, Giorrando Grissandy membeberkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa memasarkan produk lokal. “Pertama adalah kita harus tahu produk apa yang kita punya. Dalam hal ini kita dituntut bukan hanya sekadar tahu saja tapi kenal dengan produk yang kita punya,” kata Giorrando dikutip dari Kompas.

Giorrando mengatakan dalam mengenali produk yang dijual secara detail sangat dibutuhkan. Sebab dengan mengetahui detail produk apa yang bakal dijual, bisa menentukan cara apa yang tepat untuk diaplikasikan.

Lalu yang kedua adalah mengenali target market. Ia mengakui, sejauh ini banyak sekali para pengusaha yang tidak tahu siapa target marketnya yang menyebabkan produk yang dijual tidak dibutuhkan pasar.

“Makanya perlu mengenali target market kita. Bagaimana cara mengetahuinya? Dengan membuat riset pasar. Riset sedetail mungkin, di daerah atau di pasar tersebut, produk apa yang sedang dibutuhkan dan mana yang tidak,” tambahnya.

Yang ketiga adalah cara mengkomunikasikan. Menurutnya, ada banyak cara mengkomunikasikan tentang apa yang dijual. Apalagi saat ini, kata dia, sudah banyak platform yang bisa digunakan untuk mengkomunikasikan alias mempromosikan.

“Mulai dari sosial media, platform e-commerce atau bahkan memakai jasa influencer bisa kita manfaatkan biar produk kita dikenal lagi,” ungkapnya.

Namun lebih dari itu, Giorrando menambahkan ada hal yang perlu dilakukan adalah realisasi. Pelaku usaha mau tak mau harus mengeksekusi perencanaan yang sudah dibuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here