One Day Training Sahabat UMKM
One Day Training Sahabat UMKM "Kebangkitan Brand Lokal", Bandung, Kamis (6/7/20). (Foto: Sahabat UMKM)

Bandung, MNEWS.co.id – Mengawali tahun 2020, Sahabat UMKM kembali mengadakan kegiatan One Day Training dengan kota Bandung, Jawa Barat sebagai kota pertama penyelenggaraan. Kegiatan bertemakan “Kebangkitan Brand Lokal” ini diadakan pada Kamis (6/2/20) bertempat di Student Centre Universitas Islam Bandung.

One Day Training Sahabat UMKM merupakan kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Sahabat UMKM untuk meningkatkan daya saing para pelaku UMKM Indonesia. Kegiatan yang menargetkan pelaku UMKM ini dihadiri dan dibuka oleh Winny Andirany selaku Kasie Pembiayaan Usaha Kecil sekaligus perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jabar dan Faisal Hasan Basri, Sekretaris Jenderal Sahabat UMKM.

Sebanyak kurang lebih 300 pelaku UMKM Jawa Barat hadir dalam kegiatan One Day Training Sahabat UMKM yang mendapatkan dukungan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat, KoinWorks, Botika, serta M-Direct

Winny Andirany selaku Kasie Pembiayaan Usaha Kecil sekaligus perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jabar dan Faisal Hasan Basri, Sekretaris Jenderal Sahabat UMKM di acara One Day Training Sahabat UMKM Jawa Barat, Kamis (6/2/20). (Foto: Sahabat UMKM)

 

Faisal memaparkan bahwa kegiatan One Day Training ini juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah agar pelaku usaha bisa saling bertukar informasi bahkan produk serta kolaborasi. Ia mencontohkan misalkan produk Karawang belum ada di Bandung, maka pelaku usaha yang hadir bisa bertukar produk untuk mengisi dan dipasarkan. 

Tahun 2020, UMKM Indonesia harus dapat berusaha lebih giat lagi serta meningkatkan kompetensinya karena semakin banyak persaingan antara pelaku usaha. Saat ini, pelaku UMKM di Indonesia tercatat ada sebanyak kurang lebih 60 juta pelaku usaha, namun dari beberapa jumlah tersebut ada bisnis yang begitu saja menghilang. Faisal mengatakan hal itu karena kurangnya perhatian yaitu dari segi permodalan, monitoring, dan pelatihan.

Oleh karena itu, Sahabat UMKM hadir untuk bisa membantu dengan menjembatani antara pelaku usaha agar bisa bekerja sama dengan para wirausaha profesional. Hal tersebut bertujuan agar pelaku usaha bisa semakin berkembang dan berdaya saing.

“Sahabat UMKM juga sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan komunitas lainnya, karena tentu saja bisa bekerja sama. Karena saat ini adalah zamannya inklusif untuk bisa saling bersinergi, bukan lagi mengenai ekslusifitas,” kata Faisal.

Sementara itu, Winny Andriany, Kasie Pembiayaan Usaha Kecil sekaligus perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat, menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan One Day Training Sahabat UMKM. Ia berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan perkembangan usaha kecil yang ada di Jawa Barat, baik di tingkat nasional ataupun regional.

Winny menambahkan, koperasi dan usaha kecil merupakan dua sektor penting yang dapat memberikan dampak tersendiri untuk perekonomian daerah. Selain itu, dua sektor tersebut telah memberikan lapangan kerja untuk warga setempat.

Kegiatan One Day Training ini diisi oleh dua pemateri yaitu Botika dan Koinworks. Botika adalah startup dengan produk chatbot atau asisten chat pintar yang bertugas menjawab segala pertanyaan dan keluhan pengguna melalui aplikasi chat Facebook Messenger, LINE, dan Telegram. 

Sementara itu, KoinWorks adalah perusahaan Peer to Peer Fintech Lending di Indonesia yang menghubungkan Pendana dan Peminjam dalam sebuah platform online untuk saling memenuhi kebutuhan finansial.

Botika dan Koinworks merupakan platform yang memiliki misi untuk membantu menaikkelaskan UMKM serta meningkatkan tumbuh kembang para pelaku usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here