Ilustrasi belanja online saat Ramadan. (Foto: Shutterstock)

MNEWS.co.id – Pandemi tidak hanya mendorong akselerasi digital para pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya, tapi juga mengubah pola transaksi pembelian dari konsumen yang kian beralih untuk berbelanja secara online, salah satunya melalui platform e-commerce.

Tapi tahukah kamu, konsumen dan calon pelanggan yang ada di e-commerce ternyata memiliki berbagai tipe, lho!

Dirangkum dari Tokopedia Marketing Solutions, berikut ini adalah empat tipe konsumen di e-commerce yang harus diketahui oleh pelaku UMKM. Yuk, kenalan dengan masing-masing tipenya.

1. Undecided Customers
Pelanggan dengan tipe ini adalah mereka yang kerap membuka aplikasi e-commerce di waktu luang, namun belum berniat untuk membeli sesuatu. Umumnya mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk browsing di halaman utama hanya untuk sekadar melihat-lihat.

2. Prospective Customers
Pelanggan dengan tipe ini adalah mereka yang membuka aplikasi e-commerce dengan tujuan untuk membeli sesuatu, tetapi masih menunggu momentum yang tepat.

Karakteristik utama mereka adalah di mana mereka menjelajahi halaman utama untuk mencari promosi, menggunakan fitur pencarian untuk menemukan produk yang diinginkan, membandingkan penawaran produk, dan menambahkan produk ke wishlist mereka.

Jika para pelaku UMKM ingin menarik perhatian pengguna tersebut untuk melakukan transaksi, Tokopedia Marketing Solutions menyediakan berbagai kanal pilihan yang dapat membantu menampilkan penawaran khusus seperti promo pada discovery channels.

3. Intent Customers
Tipe pelanggan yang satu ini merupakan mereka yang membuka aplikasi e-commerce dan sudah pasti akan melakukan transaksi. Tokopedia Marketing Solutions melalui kanal TopAds akan membantu pelaku UMKM untuk menampilkan produknya di bagian teratas listing product agar terlihat oleh pelanggan yang telah memiliki keinginan untuk berbelanja.

4. Impulsive Customers
Tipe yang terakhir adalah konsumen keputusannya dalam membeli suatu produk muncul ketika melihat suatu iklan yang menarik di media sosial. Untuk menjangkau tipe konsumen ini, pelaku UMKM dapat menggunakan strategi beriklan secara digital dengan memanfaatkan layanan pemasaran seperti Facebook & Instagram Ads, TikTok Ads, atau Google Ads.

Jadi, jangan lupa untuk kenali tipe konsumenmu, ya.

Karena tidak hanya melalui produk, solusi, dan inovasi, namun pelaku UMKM juga perlu memahami karakter dari konsumen dan pasar yang dituju untuk membantu bisnisnya sehingga dapat tumbuh serta berkembang.