Pameran produk UMKM asal Banten di MaxxBox Lippo Village, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. (Foto: dok.Pramita)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ribuan produk UMKM asal Provinsi Banten yang berkualitas ekspor dipamerkan dalam ‘Gallery Banten’ seluas 400 meter persegi di MaxxBox Lippo Village, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Berbagai produk seperti olahan kayu jati, kerajinan tangan dari rotan untuk mengisi dekorasi ruang tamu atau keluarga, kerajinan dari kulit sapi, hingga batik asli berbagai daerah di Provinsi Banten, dipamerkan hingga tiga bulan depan.

Bahkan, menurut Ketua Kadin Bilateral Komite Tetap Timur Tengah, Muhammad Hasan Gaido, berbagai macam kerajinan yang dipamerkan dalam Gallery Banten tersebut sudah memenuhi kriteria ekspor.

“Saya sudah lihat produk dari galeri ini ternyata memang yang sudah melewati kurasi, bahkan beberapa merchandise sudah layak ekspor, feeling saya malah jangan-jangan ada yang sudah ekspor, kemudian dipamerkan di sini,” kata Hasan.

Bahkan beberapa produk kerajinan dari kayu jati, diprediksinya akan banyak peminat bila di ekspo ke Timur Tengah. Sebab, para pelaku UMKM di Indonesia memiliki nilai seni yang tinggi untuk menciptakan suatu produk.

Bahkan di tengah pandemi Covid-19, produk Indonesia yang diekspor ke Timur Tengah mengalami surplus. Permintaan tetap banyak dan masih memiliki pelanggannya sendiri. Sehingga, dipastikan pasar produk UMKM Indonesia di Timur Tengah masih terbuka lebar.

Sementara, PT Lippo Karawaci Tbk (“LPKR”) bantu memperluas pasar dan promosikan hasil industri kreatif dan UMKM Provinsi Banten.

Area pusat perbelanjaan Gallery UMKM seluas 400 meter persegi, disediakan sebagai etalase hasil industri ekonomi kreatif di mal MaxxBox Lippo Village. Pameran bertajuk Gallery Banten itu akan berlangsung mulai 1 April 2021 hingga tiga bulan ke depan.

Khusus untuk UMKM yang menempati area lantai dasar MaxxBox Lippo Village akan diselenggarakan mulai 1 April 2021 hingga enam bulan ke depan.

“Gallery Banten dengan tema Menuju Ekonomi Kreatif yang Mandiri dan Berdaya Saing, merupakan sarana promosi dan penjualan produk-produk UMKM industri ekonomi kreatif yang diinisiasi oleh Koperasi UKM Indonesia (UKAMI) dan didukung Dinas Pariwisata Provinsi Banten,” ujar Eddy Mumin CEO PT Lippo Malls Indonesia.

Ia berharap, produk UMKM asal Provinsi Banten, bisa mendapat perhatian dari kalangan ekonomu menengah ke atas. Kemudian, dengan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produknya, produk bisa dipasarkan keluar Indonesia.

“Kami sediakan tempat untuk memasarkan, kami juga beri jalan untuk mendapat bantuan modal dari bank. Jadi apapun agar UMKM ini tetap bisa meningkat,” katanya.