Salman Al Farisi, pemuda asal Purwakarta yang menciptakan aplikasi Tokopurwakarta.com. (Foto: Dede Nurhasanudin)
Salman Al Farisi, pemuda asal Purwakarta yang menciptakan aplikasi Tokopurwakarta.com. (Foto: Dede Nurhasanudin)

Purwakarta, MNEWS.co.id – Salman Al Farisi merupakan salah satu pengusaha muda asal Kabupaten Purwakarta, berhasil membuat sebuah aplikasi jual beli berbasis jaringan (e-commerce) yaitu Tokopurwakarta.com atau Topur. 

Aplikasi ini dibuat bertujuan untuk membantu serta memberikan wadah kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berada diwilayahnya. Salman mulai belajar berwiraswasta sejak masih duduk di bangku SMPN 2 Purwakarta. Ia mengakui prihatin dengan kondisi perkembangan UMKM di Purwakarta yang sebagian besar masih kesulitan pemasaran produk milik mereka.

“Atas dasar itu kemudian saya membuat aplikasi jual-beli berbasis jaringan (e-commerce) bernama Tokopurwakarta.com atau Topur,” katanya.

Salman menjelaskan bahwa aplikasi Topur akan memudahkan pelaku UMKM dalam memperluas akses pasar kepada konsumen. Sehingga produk yang dijual akan lebih mudah diketahui oleh masyarakat luas. Pedagang yang bergabung akan diberikan edukasi terkait tata kelola keuangan yang baik hingga aturan pemerintah yang harus diikuti UMKM.

“Banyak UMKM yang pada akhirnya cari pendanaan untuk membayar utang bukan untuk pengembangan usaha, bahkan banyak juga yang belum terdaftar atau berizin resmi sehingga tidak membayar pajak karena tidak mengetahui regulasi,” katanya.

Ia memaparkan perbedaan aplikasi Topur dengan e-commerce lain yaitu pada sistemnya berbasis syariah. “Kami tidak pakai istilah ‘bakar uang’. Topur lebih berorientasi pada profit, bukan branding dan penampungan data base pelanggan,” tambahnya.

Salman memastikan seluruh pedagang yang berjualan di e-commerce tersebut adalah pedagang asli karena melalui proses pendaftaran secara tatap muka. Sejak diperkenalkan pada pertengahan Desember 2019 lalu, jumlah pedagang yang bergabung sudah mencapai 130 dari bidang fesyen, kuliner, perlengkapan kantor hingga elektronik.

Sebelum membuat aplikasi Topur, Salman telah belajar berjualan sejak sekolah SMP hingga minat berbisnis terus berkembang hingga lulus kuliah jurusan Manajemen Informatika di sebuah kampus swasta. Saat ini Salman juga menjabat sebagai Ketua Bidang UMKM di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HPMI) Kabupaten Purwakarta.