Bisnis kuliner Cake Kekinian milik Arief Muhammad dan Tiara Pangestika. (Foto: Youngster Inc)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menjadi influencer terkenal dengan penghasilan besar, tak membuat Arief Muhammad merasa aman dalam finansial. Di masa pandemi saat ini, pelaku usaha dituntut membuat apa saja untuk bisa bertahan hidup, salah satu nya dengan memulai bisnis online.

Sukses memulai karier dengan mengelola akun sosial media, Arief Muhammad kini memiliki bisnis kuliner dan pakaian. Latar belakang tersebut bersamaan dengan program Daihatsu #DariUntukSahabat yang mendukung pelaku bisnis atau UMKM, dalam memberikan wadah untuk memperluas pasar di media sosial.

Berkolaborasi dengan Arief Muhammad, Daihatsu memberikan modal usaha Rp10 juta dan mendukung total 5 unit Grand Max, untuk kebutuhan operasional 1 bulan penuh kepada 5 UMKM yang terpilih.

“Ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis online bagi kita pelaku bisnis atau UMKM,” ungkap Arief dilansir dari Liputan 6.

Pertama yaitu mempelajari dan melakukan strategi pemasaran online misalnya melalui iklan Facebook, membuat video promosi di Youtube, meng-endorse selebgram untuk mempromosikan produk kita.

Yang kedua, menjalin interaksi dengan para pelanggan di media sosial seperti membalas komen dengan cepat, meminta testimoni, dan sekadar menyapa. Selanjutnya yang ketiga yakni selalu membuka kesempatan bermitra dengan dengan pihak lain yang memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis atau UMKM seperti jasa pemesanan dan pengiriman barang online atau jasa pembayaran digital untuk hal pembayaran.

Terakhir, selalu aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di sosial media, salah satunya seperti kegiatan Daihatsu #DariUntukSahabat. Kegiatan semacam ini akan terus dapat membantu para pelaku bisnis dan UMKM di Indonesia agar lebih termotivasi dan bisa mencetak pelaku-pelaku bisnis yang baru.