Tips Membuat Email Marketing Secara Efektif

Rasti R | 21 Agustus 2019, 18:01 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran secara online yang sudah sering digunakan oleh berbagai bisnis dan juga perusahaan. Email marketing juga digunakan sebagai pengiriman pesan komersial seperti newsletter atau promosi melalui email. Email juga menjadi salah satu channel digital marketing yang efektif untuk melakukan pemasaran dikarenakan biaya yang dikeluarkan murah dan mengarah ke konsumen yang tertarget.

Namun beberapa orang mungkin beranggap bahwa email marketing sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun faktanya adalah sebaliknya penggunaan emal marketing oni terus meningkat setiap tahunnya. Hal itu tentu terjadi bukan tanpa alasan, dan berikut beberapa hal yang perlu perhatikan jika Anda baru memulai dan hal yang harus dihindari agar newsletter Anda tetap efektif yaitu ; 

Jangan Mempersulit Konsumen untuk Berhenti Langganan

Anda tentu saja tidak ingin kalau subscriber berhenti berlangganan? Maka dari itu Anda harus memberikan pilihan kepada mereka dan jangan sampai mendapatkan banyak complain karena tidak bisa berhenti berlangganan. Hal tersebut tentu saja akan memberikan kesan negatif kepada bisnis Anda, apalagi kalau sampai ditandai spam kemungkinan email bisa di blacklist oleh platform email marketing. Jadi, pastikan pilihan unsubscribe Anda mudah ditemukan.

Promosikan newsletter Yang Anda Punya

Anda perlu mempromosikan newsletter Anda dan jangan ragu untuk mempromosikannya melalui media sosial dan website, selain itu Anda juga bisa mempersiapkan arsip newsletter di website agar konsumen bisa melihat seperti apa newsletter yang Anda kirimkan.

Pastikan subjek email yang digunakan selalu berbeda 

Buatlah semenarik mungkin subjek email Anda agar konsumen semakin tertarik untuk membuka emailnya dan pastikan subjek email Anda tidak "menipu". Karena meskipun subjeknya berbeda, namun form yang Anda gunakan harus tetap sama. Anda bisa menggunakan nama bisnis Anda agar konsumen langsung tahu siapa yang mengirim dan mengenali email Anda di inbox mereka.

Gunakanlah Platform email marketing

Ternyata menggunakan Gmail atau Outlook untuk mengirim email marketing Anda adalah sebuah pilihan yang kurang tepat. Karena saat ini sudah banyak tersedia platform email marketing, seperti MailChimp dan GetResponse yang lebih memudahkan untuk mengirim email ke banyak orang. Platform email marketing tersebut juga bisa melacak dan menganalisa data email Anda, melihat seberapa banyak orang yang membuka email Anda dan bahkan melihat siapa saja yang memblok email Anda.

Jangan lupa untuk rutin mengirimkan newsletter Anda

Anda harus mempunyai jadwal yang konsisten untuk email marketing Anda, apakah Anda mengirim buletin Anda mingguan, dua mingguan atau bulanan, itu harus dikirim pada hari yang sama, sekitar waktu yang sama.  Mengatur waktu pada email marketing itu sangat penting, karena jika Anda terlalu sering mengirim buletin email maka bisa saja konsumen Anda berhenti berlangganan karena terlalu banyak.

Review report Anda

Platform email marketing harus bisa mencakup fungsi review memberikan wawasan berharga tentang pelanggan Anda dan kinerja Anda. Selain itu Anda juga bisa melihat berapa kali pesan Anda dibuka, berapa kali diklik, berapa kali link anda diklik, dan berapa banyak subscribers dan unsubsribers yang Anda terima. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan kualitas newsletter Anda seiring waktu.

Pada akhirnya, email marketing adalah suatu media yang sangat terjangkau dari sisi harga serta sangat efektif dari segi cara, namun Anda juga harus memperhatikan poin-poin diatas agar email marketing anda menjadi lebih efektif.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar