Ilustrasi Bekerja di rumah (work from home). (Foto: Ilustrasi/Avel Chuklanov)
Ilustrasi Bekerja di rumah (work from home). (Foto: Ilustrasi/Avel Chuklanov)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kebijakan Bekerja dari Rumah atau work from home dijalankan perusahaan-perusahaan saat ini. Bagi pekerja, tentu ada situasi berbeda ketika di rumah dan di tempat kerja. Salah satunya interaksi sosial, di mana saat pelaksanaan work from home menjadi terbatas.

Padahal interaksi sosial adalah salah satu cara menjaga kesehatan mental. Apalagi, biasanya saat bekerja dari rumah, tubuh jadi tidak aktif bergerak karena rasa bosan.

Anda tetap harus menjaga kesehatan di tengah situasi work from home. Dan berikut ini tips tetap sehat saat work from home;

1. Ingin Fokus? Tetap Terhidrasi

Mengonsumsi air mineral saat bekerja dapat meningkatkan produktivitas hingga 14 persen. Karena ketika kita meminum air, fungsi otak akan membaik sehingga dapat memberikan fokus lebih dan juga konsentrasi. Anjuran mengonsumsi air mineral adalah delapan gelas sehari baik dalam keadaan haus maupun tidak.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi sebenarnya bukan untuk menyehatkan tubuh kita saja, tapi lebih kepada memenuhi kebutuhan kalori. Kebutuhan kalori pada tiap pekerja berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan, berat pekerjaan, dan juga jenis kelamin. Menyantap makanan seimbang seperti sayuran untuk penuhi serat dan mineral dan mengkonsumsi daging, susu, telur dengan porsi seimbang untuk penuhi kebutuhan protein. Jika lelah atau mengantuk, minumlah segelas air mineral bukan kopi. 

3. Kurangi Konsumsi Cemilan dan Gula Berlebih

Mengonsumsi gula berlebih juga harus dikurangi ketika work from home. Banyak pekerja remote yang mengeluhkan bahwa dengan mereka bekerja di rumah berat badan seketika membengkak. Hal itu terjadi karena ketika di rumah, tidak bisa mengerem hasrat ‘nyemil’.

Mengonsumsi gula berlebih dapat meningkatkan kinerja tubuh dan hal itu akan membuat cepat lelah. Selain cepat lelah, konsumsi gula dalam jumlah tinggi tentu akan membuat tubuh ‘membengkak’. Konsumsilah gula sesuai anjuran yaitu 50 gram sehari atau 5-9 sendok teh per-hari.

4. Latihan Aerobik

Latihan senam aerobik yang dapat dilakukan ketika work from home adalah lompat tali selama 100 hitungan, berjalan cepat mengitari seluruh ruangan di rumah selama 10 menit, naik-turun anak tangga selama 10 menit. Anda dapat melakukan itu 2 hingga 3 kali dalam sehari.

5. Luangkan Waktu untuk Membaca

Membaca merupakan bentuk istirahat yang memiliki manfaat. Membaca dapat dilakukan sebagai alternatif di sela-sela waktu luang saat work from home. Anda dapat meluangkan waktu 15 menit untuk membaca.  Membaca saat work from home dapat meningkatkan daya ingat dan juga meningkatkan penalaran dan daya analitis. Daya ingat dan analitis yang baik mampu membantu dalam memaksimalkan pekerjaan. 

Jadikan work from home sebagai kesempatan Anda untuk menjalani gaya hidup yang sehat. Memang, sih, mempraktikkan hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Namun, dengan disiplin dan fokus, work from home yang produktif dan sehat bukan tidak mungkin untuk dicapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here