Ilustrasi Foto Produk. (Foto: dok Kominfo)

Jakarta, MNEWS.co.id – Saat ini bisnis usaha mikro kecil dan menengah menjadi sektor yang terdampak parah saat pandemi. Namun, di antara berbagai jenis usaha di bidang UMKM, bisnis makanan menjadi bisnis yang mampu bertahan dengan baik hingga sekarang.

Hal ini membuat banyak orang yang mulai melirik bisnis makanan saat pandemi. Jualan makanan secara online pun menjadi inovasi dan pilihan banyak pelaku usaha makanan untuk bertahan. Namun, persaingan bisnis makanan online tidak semudah kelihatannya.

Para pelaku harus memiliki strategi agar dagangannya menarik dan laku saat dijual secara online. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu memberikan tampilan makanan yang menarik. Makanan dengan plating yang tertata rapi jauh lebih menggiurkan untuk dibeli.

Fotografi dan bisnis kuliner merupakan hal yang berjalan secara beriringan. Dengan kemampuan mengambil gambar yang baik, akan ada nilai tambah bagi bisnis kuliner Anda. Dikutip dari Republika, Founder Jasafotojakarta Berry Phan memberikan 5 tips untuk membuat foto yang menarik bagi para pelaku bisnis kuliner yaitu:

1. Perhatikan Sumber Cahaya

Pantulan cahaya yang kita terima dapat memberikan berbagai bentuk, tekstur dan karakter pada sebuah foto. Dalam pengambilan foto makanan, perlu diperhatikan berbagai sumber cahaya dan letak dimana cahaya itu berada.

Gunakan teknik Back Lighting (sumber cahaya dari belakang) dan Side Lighting (sumber cahaya dari samping) yang akan memberikan cahaya dan bayangan yang lebih berkarakter.

2. Kualitas Foto Jelas, Tidak Pecah atau Blur

Pastikan objek makanan fokus saat difoto jangan sampai goyang dan menjadi blur. Selain itu, perhatikan juga bagian-bagian yang ingin ditonjolkan dari makanan tersebut. Foto burger, misalnya, kameramen bisa mengambil fokus di lelehan keju dan daging yang tebal, sehingga akan tampak lebih menggiurkan.

3. Tidak Ada Bayangan yang Menghalangi Detail Makanan

Hal ini juga penting untuk diperhatikan. Bayangan bisa mengganggu hasil foto makanan. Jadi pastikan tidak ada benda-benda yang menghalangi cahaya dan foto di tempat yang tidak membelakangi cahaya sehingga bayangan tidak akan terjadi.

4. Sediakan Properti Tambahan

Elemen yang tidak kalah penting dalam pengambilan Food Photography adalah properti pendukung yang memadai. Dengan memilih warna properti yang senada dengan warna background, buat foto makanan kamu jadi lebih stand out. Untuk memberikan efek porsi makanan yang lebih banyak, gunakan piring yang sesuai dengan ukuran makan tersebut. Pemilihan properti yang lebih mimalis akan menciptakan foto makanan lebih jelas dan lebih menonjo

5. Angle Foto Diusahakan 45 Derajat

Angle foto untuk makanan yang paling bagus adalah 45 derajat. Jangan ambil dari atas karena kesan gambar akan menjadi flat dan tidak menarik. Dengan angle 45 derajat, foto makanan akan terlihat lebih sempurna sebab bagian atas hingga bawah akan ikut terfoto sehingga pembeli juga bisa melihat detail makanannya.

Itu dia beberapa tips foto menu makanan agar hasilnya bagus dan menarik perhatian banyak pembeli. Selain tips di atas, pastikan penjual juga memperhatikan ukuran foto-foto sesuai kebutuhan di aplikasi ya. Gambar dengan ukuran yang sesuai akan membuatnya tidak terpotong, pas, dan menarik dilihat oleh konsumen.