Ilustrasi Jus Orange. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jakarta, MNEWS.co.id – Di tengah pandemi virus corona, sistem imunitas tubuh menjadi sangat krusial. Jika lemah atau menurun, Anda harus waspada. Oleh karena itu, satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh anda adalah dengan mengonsumsi minuman-minuman yang mampu menjaga imunitas.

Beberapa asupan dapat membantu daya tahan tubuh, terlebih saat sakit hal yang bisa Anda lakukan pada tubuh adalah meningkatkan kekebalannya. Ini bisa dilakukan dengan mendapat nutrisi yang tepat.

Dikutip dari Healthline, berikut ini kombinasi beberapa minuman yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh kamu:

1. Jeruk, anggur, dan citrus

Kombinasi jeruk, anggur dan citrus memberikan banyak asupan vitamin C yang kamu butuhkan. Vitamin C memiliki sifat antioksidan, yang melindungi sel Anda dari zat yang merusak tubuh. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyembuhan luka jadi berjalan lama, respons kekebalan yang terganggu, dan ketidakmampuan untuk melawan infeksi dengan benar.

Jika kamu sedang flu, vitamin C dosis tinggi dapat kamu konsumsi dan menyebabkan gejala flu jadi tidak terlalu parah dan pemulihan yang lebih cepat. Untuk orang dewasa, batas atas yang dapat ditoleransi adalah 2.000 miligram (mg) sehari.

2. Apel hijau, wortel, dan jeruk

Wortel, apel, dan jeruk adalah kombinasi unggulan untuk membantu tubuh kamu melindungi dirinya sendiri dan melawan infeksi. Apel dan jeruk memberi kamu vitamin C. Sementara wortel memberikan vitamin A yang juga penting untuk sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin B-6, yang berperan penting dalam proliferasi sel kekebalan dan produksi antibodi.

3. Mint semangka

Semangka tidak hanya kaya vitamin C dan arginin (yang dapat meningkatkan sistem kekebalan kamu), tetapi juga dapat membantu meredakan nyeri otot. Nyeri otot adalah gejala umum flu, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Kandungan air yang banyak pada buah ini juga dapat memudahkan pembuatan jus. Kamu juga bisa mencampurkan jus semangka dengan jus buah biasa lainnya, seperti apel atau jeruk.