Terima Penghargaan, CROWDE Ingin Jadi Pelopor Revolusi Pertanian di Indonesia. (Foto: CROWDE)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagai perusahaan teknologi finansial (tekfin) yang fokus mendukung sektor pertanian Indonesia, CROWDE dipercaya ikut memberi dampak pada tujuan pembangunan berkelanjutan.

CEO CROWDE, Yohanes Sugihtononugroho mendapat penghargaan The 2021 Meaningful Business 100 yang terpilih dari 33 negara karena telah mendedikasikan usahanya untuk turut mengatasi masalah krusial di dunia dan mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Hingga kini, CROWDE telah memfasilitasi akses permodalan, literasi keuangan, hingga digitalisasi petani untuk mengangkat nasib mereka dari kemiskinan. Setidaknya ada 5% mitra petani CROWDE yang sebelumnya sering memperoleh pinjaman dari rentenir, mengaku pendapatannya jadi meningkat setelah menggunakan layanan CROWDE. Selain itu, masih ada 19,1 juta penduduk Indonesia yang mengalami kelaparan.

CROWDE berupaya meningkatkan kualitas SDM (petani) dengan memberi bimbingan untuk memaksimalkan hasil panen mereka. Jika panen melimpah, profit petani bertambah masyarakat pun bisa mengakses kebutuhan pangan dengan harga lebih terjangkau.

CROWDE juga berpartisipasi meningkatkan kesempatan kerja di pertanian sebesar 50%. Mitra petani CROWDE mampu mempekerjakan 2 kali pekerja lebih banyak untuk menjalankan 1 proyek budidaya.     

“Penghargaan ini kami terima atas upaya bersama untuk turut mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. CROWDE berupaya menyelesaikan masalah kemiskinan (no poverty), kelaparan (zero hunger), serta pekerjaan yang layak bagi semua dan pertumbuhan ekonomi (decent work and economic growth),” ungkap Yohanes.

Tak hanya itu, pada 27 Oktober lalu, Center for Financial Inclusion (CFI) menobatkan CROWDE sebagai pemenang dalam ajang Inclusive Fintech 50 (IF50) tahun 2021, yang terpilih dari 377 kandidat dari 77 negara. CROWDE dinilai memiliki berbagai penawaran produk inovatif yang dapat memberi solusi kredit hingga infrastruktur permodalan yang memadai untuk mendukung penggunanya yang memiliki akses kredit terbatas dan kurang terlayani, agar dapat memenuhi kebutuhan finansialnya dengan baik.

CROWDE juga mendapat akses ke platform digital global yang dibuat oleh Visa sebagai sponsor IF50, bernama Practical Business Skills. Platform tersebut akan memberikan sumber daya pendidikan gratis guna membantu para pemilik usaha mikro kecil dapat membuat keputusan yang percaya diri dan termotivasi mengembangkan usaha mereka. Dari situ akselerasi perwujudan ekonomi inklusif pun dapat tercapai.

“Kami berharap bisa merangkul lebih banyak lagi petani yang dapat merasakan inklusivitas finansial agar usahanya dapat berkembang dan kesejahteraan pun bisa dirasakan. Menghasilkan kuantitas dan kualitas hasil panen, serta SDM yang bisa makin bersaing, baik di dalam maupun luar negeri,” tambahnya.

Global Head of Social Impact, Visa Inc. Beth Hurvitz juga berkata, “Visa percaya bahwa kesetaraan dan inklusi keuangan digital adalah kunci dari pembangunan kembali dunia yang lebih adil dan inklusif. Selamat kepada para pemenang, dan mari bersama wujudkan visi ini,” jelasnya.