Intip Peluang Bisnis di Bulan Ramadan 2022 yang Dapat Menjadi Sumber Pemasukan Tambahan
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Populix, sebuah platform market research, membagikan hasil survei berjudul ‘Embracing Ramadan 2022’ yang membahas seputar perilaku konsumen Indonesia dalam menyambut bulan suci Ramadan. Survei dilakukan terhadap 1.492 responden berusia 18-55 tahun di Indonesia.

Melalui survei Embracing Ramadan 2022 ini, Populix juga menyoroti beberapa perilaku konsumen dalam menyambut bulan suci penuh kemenangan, hingga preferensi mereka dalam mempersiapkan menu berbuka puasa.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Populix menyebut saat menjelang bulan Ramadan, banyak masyarakat dan pelaku bisnis yang berlomba untuk memanfaatkan momentum tersebut sebagai peluang bisnis.

“Menariknya, peluang bisnis musiman ini tidak hanya berpotensi di kalangan masyarakat Muslim tetapi juga masyarakat non-Muslim. Kami berharap survei ini dapat menginspirasi masyarakat yang ingin mencari peluang bisnis, serta para pelaku bisnis yang tengah merumuskan strategi bisnis di bulan Ramadan tahun ini,” ujar Timothy Astandu, Chief Executive Officer, Populix.

Selain itu, berdasarkan Survei Populix, sebelum memasuki bulan Ramadan, sebanyak 70 persen responden muslim mengatakan mereka memilih untuk membersihkan rumah. Sementara 66 persen responden mengatakan mereka akan mempersiapkan stok makanan dan 47 persen memilih untuk mempersiapkan stok minuman.

Terdapat juga 43 persen responden yang membeli pakaian baru dan 30 persen responden yang membeli perlengkapan sholat untuk menyambut bulan Ramadan. Mayoritas responden juga telah menyediakan anggaran hingga 25-50 persen lebih besar dibandingkan bulan biasa.

Menariknya, survei menunjukkan bahwa responden laki-laki cenderung bersedia mengeluarkan anggaran lebih besar dibandingkan perempuan untuk menyambut bulan Ramadan.