Sinergi Smesco dan The Papandayan Hotel perkuat pasar produk UMKM. (Foto: dok. Kemenkop UKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki terus mendorong produk usaha mikro, kecil menengah (UMKM) naik kelas. Salah satunya melalui kerja sama Smesco Indonesia dengan The Papandayan Hotel.

“Ini juga bagus untuk membranding produk UMKM. Dan membuktikan bahwa kualitas produk UMKM tidak jelek. Apalagi kalau melihat kualitas dari produk artisan, maka brand besar pun kalah,” kata Teten dalam acara penandatanganan MoU Smesco Indonesia dengan The Papandayan Hotel di Kota Bandung, Jumat (2/4/2021).

Teten berharap semua hotel berbintang bisa memberikan tempat bagi produk UMKM untuk memperluas akses pasar. Ia meyakini bahwa akan semakin banyak produk UMKM yang diterima pasar.

Menurutnya, penandatangan MoU ini sebagai bentuk nyata niatan baik untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam membangkitkan serta memperkuat UMKM unggulan, khususnya melalui pemasaran produk-produk UMKM lokal yang telah terkurasi.

“Upaya memperjuangkan UMKM sejatinya adalah upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Itulah sebabnya kenapa bentuk kerjasama seperti ini sangat krusial. Karena, berjuang untuk UMKM Indonesia membutuhkan sinergi dari kita semua,” tambahnya.

Teten meyakini, MoU ini akan dapat mendorong kualitas serta kuantitas produk UMKM di Indonesia agar dapat mengakses pasar yang lebih besar dan lebih baik lagi. Dengan memasukkan produk UKM ke dalam ekosistem hotel berbintang, tidak hanya untuk dipamerkan saja namun akan dipakai langsung dan sangat membantu pelaku usaha.

Ia menambahkan, setidaknya ada dua dampak yang dirasakan oleh pelaku usaha. Pertama yaitu, produk UMKM dibeli dan dipakai oleh Hotel Papandayan sebagai kanal pemasaran offline untuk produk UMKM, terutama bagi para tamunya. “Apabila skema seperti ini bisa diduplikasi oleh semua hotel berbintang di Bandung, dampaknya akan lebih dahsyat,” ujar Teten.

Teten memaparkan bahwa Hotel Papandayan pasti bersedia menjadi percontohan bagi hotel-hotel lainnya untuk segera berpartisipasi dalam skema yang sama. “Saya turut mengapresiasi Smesco yang telah bergerak cepat untuk menangkap peluang ini, dan agar terus memperluas jaringan pemasaran produk-produk UKM lokal unggulan kita,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib menegaskan, langkah MoU ini untuk dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). “Kami ingin menjadikan produk UMKM Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Mirdal.

Saat ini Smesco Indonesia menampung berbagai aneka produk unggulan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Produk tersebut di display pada stand di paviliun provinsi yang terletak di lantai 1 dan 2 Gedung smesco yang berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto kav. 94, Jakarta Selatan. Tempat tersebut berfungsi sebagai sarana pemasaran produk unggulan provinsi, co-working space, creative space dan office space serta area pameran.