Kue kering yang sering dijumpai saat Lebaran. (Foto: Shutterstock/Rido Fadilah)

Jakarta, MNEWS.co.id – Apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin memanfaatkan momen menjelang Lebaran untuk berbisnis? Sebelumnya Anda harus mencari tahu dulu ide bisnis atau usaha rumahan di bulan Ramadan yang paling menjanjikan untuk dijalankan.

Tidak dipungkiri menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak sekali bermunculan ide usaha yang bisa dilakukan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Karena momen Ramadan dan Lebaran adalah waktu yang tepat karena terdapat kebutuhan tertentu yang dipinta oleh masyarakat di waktu-waktu tersebut.

Dilansir dari Koinworks, berikut ini beberapa rekomendasi bisnis yang cocok Anda jalankan menjelang Lebaran.

Kue Kering
Saat menjelang Lebaran, kue kering akan diserbu banyak orang. Karena kue kering akan menjadi hidangan wajib bagi tamu-tamu yang datang ke rumah-rumah di Hari Raya Idul Fitri atau saat Lebaran.

Untuk yang senang membuat kue kering, peluang bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan. Selain hobi memasak Anda tersalurkan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Bisnis ini biasanya akan mulai ramai 1-2 minggu sebelum Lebaran datang. Jadi, cobalah mulai persiapkan ide jualan bulan puasa mulai sekarang. Untuk modalnya pun bermacam-macam, tergantung bahan yang Anda gunakan saat membuat kue.

Parsel
Selain membuat kue kering, tak ada salahnya Anda juga membuat jasa pembuatan parsel yang akan sangat menguntungkan menjelang Lebaran nanti. Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian berbeda, misalnya berupa kue kering bikinan kamu, aneka macam makanan ringan dan biskuit yang ada di pasaran, atau sembako (sembilan bahan pokok).

Jual Ketupat
Makanan yang satu ini adalah makanan khas yang disajikan saat Hari Raya Idul Fitri. Setiap rumah pasti akan menyediakan dan menyajikan makanan ini saat Lebaran. Jika dapat membuat ketupat, Anda dapat memanfaatkan waktu libur Anda dengan membuat ketupat.

Modal usaha rumahan di bulan Ramadan yang satu ini sangat kecil dan murah, mulai dari Rp1.000. Namun, Anda bisa menjualnya dengan harga dua kali lipat dari harga pasaran.

Baju Lebaran & Perlengkapan Salat
Bisnis baju Lebaran & item lainnya yang laris di bulan puasa, dapat menjadi ide usaha rumahan di bulan Ramadan. Di Hari Raya, banyak orang yang ingin menggunakan pakaian dan perlengkapan salat baru untuk tampil lebih fresh.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual baju Lebaran dan perlengkapan salat. Pastikan busana muslim dan perlengkapan salat yang Anda jual adalah fashion yang sedang tren di kalangan target pasar Anda.

Untuk modal bisnis yang satu ini memang cukup besar, bisa sampai puluhan juta. Namun, keuntungannya pun tidak bisa Anda ragukan lagi. Apalagi jika busana muslim yang Anda jual memiliki kualitas yang baik.

Produk Kecantikan
Kalau usaha produk kecantikan yang satu ini biasanya sangat laku di kalangan perempuan. Tak hanya tampil cantik dalam berbusana, tapi tak jarang wanita ingin berpenampilan lebih maksimal dengan makeup atau skincare.

Coba pertimbangan untuk menjadi reseller makeup atau skincare yang umum seperti lipstik, dan eyeshadow untuk makeup atau sheetmask untuk skincare. Jangan lupa untuk mempertimbangkan perihal izin BPOM, dan juga menganalisis SWOT agar bisnis berjalan lancar.

Menjelang Lebaran, banyak orang berpikiran untuk memulai bisnis yang bisa menambah penghasilan. Apalagi, daya beli masyarakat menjelang hari raya biasanya meningkat, sejalan juga dengan berbagai kebutuhan yang khusus muncul di musim Lebaran.