ShopeePay Bantu Digitalisasi UMKM Hadapi Pandemi. (Foto: Dok. Shopee Indonesia)

Jakarta, MNEWS.co.id – ShopeePay mendukung proses digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia melalui penerapan transaksi digital tidak hanya secara online melalui aplikasi Shopee, melainkan juga offline.

Cindy Candiawan, Marketing Manager ShopeePay mengatakan di tengah masa pandemi kali ini, ShopeePay ingin turut berperan aktif dalam mendukung keberlangsungan ekonomi di Indonesia dengan menerapkan sistem digitalisasi UMKM baik secara online maupun offline.

“Dengan mendukung para merchant kami untuk mengembangkan bisnisnya dan menjangkau lebih banyak orang dengan berbagai promo menarik yang disediakan oleh ShopeePay. Di sisi lain, para pengguna juga bisa menikmati promo menarik dengan memanfaatkan platform digital yang aman dan nyaman,” katanya.

Dukungan ShopeePay ini berangkat dari keberlangsungan pelaku UMKM di Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19 sejak awal bulan Maret. Hal ini juga mengakibatkan ekonomi Indonesia terganggu, mengingat 99,99% entitas bisnis di Indonesia adalah pelaku UMKM.

Sekitar 64 juta UMKM di Indonesia memiliki peran besar dalam pergerakan roda ekonomi. Namun, hanya sekitar 13% UMKM yang memiliki platform penjualan online. Pemerintah Indonesia juga mengimbau UMKM untuk go digital agar bisa 1 tetap bertahan dan berkembang di tengah pandemi ini.

Sementara itu sinergi antara Shopee dan ShopeePay untuk keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia diinisiasi melalui program SME Go-Online yang telah diimplementasikan ke UMKM binaan Shopee untuk penerapan bisnis secara digital. Selain itu, diberlakukan juga sistem pembayaran nontunai atas transaksi produk-produk lokal karya UMKM yang ada di aplikasi Shopee dan di ribuan merchant offline UMKM rekanan ShopeePay.

Guna meningkatkan transaksi di merchant UMKM, Shopee juga memberikan promo cashback hingga 60% yang bisa dinikmati secara offline maupun melalui voucher. Shopee dan ShopeePay memberikan berbagai promo menarik lewat berbagai kampanye dengan metode pembayaran ShopeePay.

Para pengguna Shopee juga dapat mendapatkan produk-produk lokal berkualitas global di kanal khusus karya UMKM, Kreasi Nusantara yang terdapat di aplikasi Shopee dengan kemudahan transaksi digital melalui metode pembayaran ShopeePay. Hal ini sejalan dengan antusiasme pemerintah dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang bertujuan untuk mendorong keberlangsungan bisnis mikro dalam masa pandemi.

Sesuai dengan anjuran kebijakan Bank Indonesia atas penerapan transaksi digital, ShopeePay mendukung keberlangsungan bisnis UMKM melalui beberapa alternatif pilihan fitur yang dihadirkan ShopeePay. Adapun fitur tersebut antara lain, fitur scan QR Code untuk setiap pembelanjaan merchant secara offline, metode pembayaran ShopeePay untuk setiap transaksi online, program ekspedisi efektif untuk setiap pengiriman, pengisian saldo ShopeePay yang mudah nyaman dan juga pembayaran digital yang aman.