Ilustrasi Belanja Online. (Foto: Cermati)

Jakarta, MNEWS.co.id – Survei oleh Visa, sebuah platform pembayaran digital global terkemuka, menunjukkan perubahan signifikan preferensi belanja konsumen Indonesia sejak masa ‘new normal’.

Menurut survei, separuh (1 dari 2) konsumen Indonesia menganggap bahwa belanja online lebih aman dan murah dibandingkan dengan berbelanja di toko. Tren ini diperkuat oleh popularitas e-commerce yang tumbuh pesat.

Berdasarkan studi tersebut, e-commerce menawarkan banyak yang memungkinkan konsumen berbelanja dengan nyaman dari rumah. Lima fitur e-commerce terpopuler yang diminati konsumen adalah pengiriman gratis (69%), voucher diskon (64%), kemudahan pembayaran (55%), respon cepat dari penjual (53%), dan kemampuan untuk melihat ulasan dari pelanggan lain (50%).

“Studi kami menunjukkan bahwa banyak konsumen telah menganggap e-commerce sebagai surga dalam memenuhi kebutuhan esensial dan bahkan tersier mereka. E-commerce juga memungkinkan belanja minim kontak fisik dan transaksi yang lebih aman, yang telah menjadi perhatian utama pembeli di tengah masa sulit ini,” kata Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman dikutip dari Kontan.

Lebih dari separuh konsumen Indonesia menganggap produk lokal lebih atraktif dari segi harga (68%), memiliki kualitas yang diinginkan (63%), dan menawarkan beragam diskon (62%).

Tiga kategori produk lokal teratas yang paling dicari dan dibeli secara online selama enam bulan terakhir adalah makanan & minuman (45%), fesyen & aksesori (44%), dan perawatan kulit & kosmetik (35%).