Ilustrasi Makanan Kaya Antioksidan. (Foto: Alodokter)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menjaga kesehatan tubuh sudah sepatutnya kita lakukan setiap hari. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, yang membantu menangkal radikal bebas hingga racun penyebab berbagai penyakit.

Melansir dari laman CNet, antioksidan berguna untuk membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Untuk asupan antioksidan, berikut pilihan makanan yang bisa dikonsumsi yaitu;

  • Sayuran hijau

Menambahkan sayuran hijau ke menu harian akan menambah asupan vitamin, mineral, dan antioksidan. Jika kurang suka rasanya, bisa dikombinasikan dengan makanan lain yang terasa lebih lezat. Misalnya, menggabungkan bayam dengan burger atau sandwich saat sarapan atau memblender kangkung dengan buah untuk smoothie. Bisa juga salad sayur dicampur dengan hidangan hash dari ubi.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya omega-3, omega-6, dan antioksidan. Studi menunjukkan kacang dengan konsentrasi antioksidan tertinggi adalah kenari sehingga bisa menjadi opsi kudapan sehat yang dapat dimasukkan ke menu harian. Kacang-kacangan bisa ditaburkan pada oatmeal, parfait, atau smoothie. Bisa juga disantap dalam bentuk selai yang dioleskan pada roti panggang. Atau, langsung saja menyantap kacang dari varietas yang disukai.

  • Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki lebih banyak kakao daripada cokelat biasa, serta lebih banyak mineral dan antioksidan. Berdasarkan analisis FRAP, dark chocolate memiliki antioksidan hingga 15 mmol per 3,5 ons (100 gram). Angka itu bahkan lebih tinggi dari blueberry dan raspberry, yang masing-masing mengandung hingga 9,2 dan 2,3 mmol antioksidan dalam ukuran porsi yang sama. Selain itu, antioksidan dalam kakao dan cokelat hitam telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang mengesankan, seperti mengurangi peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

  • Blueberry

Tak hanya rendah kalori, blueberry dikemas juga dengan nutrisi dan antioksidan yang mumpuni. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa blueberry mengandung jumlah antioksidan tertinggi di antara semua buah dan sayuran yang biasa dikonsumsi. Selain itu, penelitian dari tabung reaksi dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dalam blueberry dapat menunda penurunan fungsi otak yang cenderung terjadi seiring bertambahnya usia.

Para peneliti telah menyatakan bahwa antioksidan dalam blueberry mungkin bertanggung jawab atas efek ini. Blueberry diduga melakukan ini dengan menetralkan radikal bebas berbahaya, mengurangi peradangan dan mengubah ekspresi gen tertentu.

  • Bit

Menurut SELF Nutrition Data, bit merupakan sumber serat, kalsium, zat besi, folat dan antioksidan. Dalam 100 gram bit mengandung sekitar 1,7 mmol antioksidan. Jenis antioksidan yang terkandung dalam bit disebut betalains yang bermanfaat baik untuk kesehatan saluran pencernaan, hingga menangkal risiko kanker.

Pada kondisi seperti sekarang, konsumsi makanan sehat merupakan hal yang penting. Salah satunya adalah makanan yang memiliki kandungan antioksidan. Nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan maupun kebugaran. Antioksidan juga diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.