Ilustrasi. (Foto: Unsplash/Steven Edward)

Bogor, MNEWS.co.id – Program Studi Manajemen Informatika Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) University meluncurkan 22 website untuk 74 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Bogor. 

Ketua Program Studi Manajemen Informatika IPB, Sofiyanti Indriasari menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah berhasil mengembangkan website untuk UMKM Kota Bogor. Keberhasilan ini dapat dijadikan sebagai portofolio mahasiswa.

“Di sisi lain kegiatan ini sebagai implementasi Project Based Learning yang menerapkan real project untuk diterapkan oleh masyarakat,” katanya dikutip dari Antara.

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Arief Daryanto mengatakan bahwa saat ini masyarakat lebih aktif melakukan belanja online. Oleh karena itu perlu didukung oleh media digital yang dapat memasarkan produk atau jasanya secara luas.

Portal UMKM ini diharapkan tumbuh berkembang dan bemanfaat bagi pelaku UMKM. Website yang menarik tentunya didukung oleh desain yang bagus. Harus responsif termasuk pengelolanya, respons cepat UMKM dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, user friendly, memberikan manfaat, pengelolaan yang baik termasuk penerapan search engine optimation (SEO), server tidak sering down, serta loading web yang baik.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang powerful yang juga memberikan kesempatan berharga kepada mahasiswa menjadi programmer dan desainer andal,” katanya.

Penanggung jawab kegiatan pembuatan website UMKM, Medhanita menambahkan Dinas Koperasi dan UKM serta UMKM Kota Bogor memberikan apresiasi yang tinggi kepada Sekolah Vokasi IPB University. Khususnya kepada Program Studi Manajemen Informatika yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Harapannya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian Indonesia, khususnya Kota Bogor.  Pembuatan website ini sebagai salah satu komponen penerapan digital marketing yang dapat membantu UMKM memasarkan produk/jasanya.

Selain itu, ada komponen lainnya seperti branding, media sosial, content marketing, e-mail marketing, video production, SEO, app development, dan search engine marketing (SEM). “Saat ini kami telah berhasil membuat 22 website yang digabungkan menjadi satu portal UMKM di url https://klik.sv.ipb.ac.id/umkm/,” ungkapnya.

Kategori produk yang dipasarkan yang paling banyak adalah kuliner, craft, fashion serta jasa yang dimiliki UMKM Kota Bogor. Menurutnya kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Selain itu, ini juga menjadi produk dosen/mahasiswa yang berhasil diterapkan oleh masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari peningkatan kerja sama dengan mitra serta peningkatan jumlah mata kuliah yang menggunakan pembelajaran kelompok berbasis proyek sebagai bagian dari bobot evaluasi.

“Kegiatan ini masih terus berlanjut untuk mendukung program pemerintah berupa Gerakan Nasional Literasi Digital terutama cakap digital. Di antaranya pelatihan untuk UMKM Kota Bogor. Harapannya UMKM bisa naik kelas, berkembang dengan cepat, dan produk lokal bisa dipasarkan secara internasional sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here