Ilustrasi makanan berbahan ikan. (Foto: Pixabay)

Jakarta, MNEWS.co.id – Masterclass Ikan vs Kopi menjadi salah satu agenda program #Pasarlautindonesia. Program ini merupakan pemberdayaan UMKM unggulan binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Program tersebut berada di bawah payung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada pertengahan tahun 2020.

Program #Pasarlautindonesia mendorong KKP membuat gebrakan di tengah pandemi Covid-19 dengan menggelar program Masterclass Ikan VS Kopi, Lomba Cipta Menu Kreatif dan Inovatif Berbahan Ikan untuk menjadi camilan pendamping kopi.

Lomba berkonsep ‘Masterclass’ tersebut menantang kreatif muda untuk membuat inovasi menu berbahan hasil kelautan dan perikanan yang cocok disandingkan dengan kopi.

 ‘Jalur Kopi’ diangkat menjadi tema besar mengingat kopi tengah menjadi trend di kalangan anak muda. Untuk itu, KKP menggandeng Provinsi Aceh atas nama besar Kopi Gayo Aceh yang telah mendunia.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Dirjen PDSPKP) KKP, Artati Widiarti menjelaskan bahwa KKP meluncurkan kembali program #PasarlautIndonesia pada September 2021 dengan menggandeng Provinsi Aceh melalui Masterclass Ikan vs Kopi.

Ia berharap bahwa program Masterclass ini sebagai kampanye untuk meningkatkan konsumsi ikan dan promosi produk-produk UMKM sektor kelautan dan perikanan agar ikut terdongkrak bersama Kopi Gayo Aceh.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PDSPKP KKP, Machmud menambahkan bahwa Masterclass Ikan vs Kopi ini bisa mengajak dan memberi semangat bagi UMKM sektor kelautan dan perikanan untuk bangkit dan lebih eksis di dunia pemasaran online.

Ia mengajak masyarakat UMKM untuk meraih kesempatan dan mewujudkan impian menjadi pengusaha sukses bersama #PasarlautIndonesia.

Ada sekira 395 peserta yang terdaftar, berasal dari beragam daerah seperti Sabang, Tapanuli Tengah, Bitung, Ketapang, Singkawang, bahkan dari Buru, Maluku. Lomba dibuka pada 6 Juli 2021 lalu dan pengumpulan materi dari peserta ditutup pada 15 Juli. Peserta akan dipilih 10 orang terbaik untuk mengikuti kelas masak, food fotografi, marketing dan finance hingga terpilih 3 besar untuk penentuan juara.

Master Cooking dipegang oleh Chef Yongky Gunawan (master baking, pastry dan masakan khas Indonesia), Master Photography oleh Rosalina Rachmayanti (Food Photography). Selain itu, Master Digital Marketing oleh Handoko Hendroyono (founder M-Bloc Space & Filosofi Kopi) dan Master Finance oleh Danis Puntoadi (founder CRP Group Warunk Upnormal).

Para juara juga akan diundang dalam acara peluncuran #PasarlautIndonesia Reborn bersama Menteri KKP yang direncanakan pada Kampanye Gernas BBI Aceh September 2021 mendatang. Selain itu, para juara akan mendapat bimbingan dan pelatihan dari KKP untuk menjadi UMKM unggulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here