Ilustrasi Hidangan Natal. (Foto: Pexels/ picjumbo.com)
Ilustrasi Hidangan Natal. (Foto: Pexels/ picjumbo.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Merayakan Natal bersama orang terdekat adalah sebuah anugerah. Oleh karena itu, momen Natal akan dirayakan dengan bahagia dan penuh syukur. Ada yang beribadah bersama di gereja, tukar kado, sampai dengan acara makan-makan.

Setelah melakukan kegiatan ibadah, pasti Anda bersama dengan keluarga ingin bersantap makan bersama. Jika di Eropa identik dengan suguhan olahan kalkun panggang, maka Indonesia juga punya beberapa hidangan khas yang tak kalah lezatnya.

Makanan yang disajikan utuh sering kali dijadikan sebagai sajian makanan yang cocok jadi jamuan Natal atau perayaan besar. Misalnya saja ada bebek, ayam, ataupun ikan. Berikut ini beberapa menu masakan khas Indonesia yang bisa Anda sajikan saat liburan Natal.

Ayam Rica-Rica

Makanan asal Manado ini hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti tahu dan jatuh hati dengan hidangan yang satu ini. Ayam rica-rica terkenal dengan rempahnya yang meresap hingga ke dalam daging ayamnya. Rasa pedas dari ayam rica-rica ini bisa membuat Anda ketagihan. Apalagi jika ayam rica-rica ini disajikan dengan bawang goreng dan mentimun, pasti rasanya semakin lezat. Di Manado, menu ini menjadi salah satu makanan khas natal di Indonesia sejak bertahun-tahun yang lalu. 

Ikan Kuah Kuning

Makanan khas natal di Indonesia selanjutnya berasal dari Ambon, ikan ini biasa disajikan dengan papeda serta terbuat dari sagu. Namun, kalau Anda tidak terbiasa makan papeda yang teksturnya cenderung kental dan lengket, bisa menyantap ikan kuah kuning ini dengan sepiring nasi putih hangat. Ikan kuah kuning terbuat dari ikan tuna atau ikan muba. Ikan segar tersebut dimasak dengan kunyit dan kapur. Kuahnya sendiri terasa sedikit asam dan segar. Kalau Anda suka pedas, tambahkan saja beberapa buah cabai rawit ketika memasak ikan kuah kuning ini.

Sate Bandeng

Masakan yang populer di Banten, cocok menjadi menu wajib saat Natal. Olahan ikan populer dari Serang ini sudah ada sejak abad 16 dan dimasak tanpa duri. Teknik yang terpenting dalam membuat sate ini adalah ketika menghancurkan daging bandeng dan mengeluarkan tulang belakangnya tanpa merusak kulit bandeng. Selain daging ikan bandung, sate ini juga dicampur dengan parutan kelapa, telur dan santan.

Nastar

Kue kering khas Indonesia yang satu ini sebenarnya tidak hanya tersedia saat Natal. Ketika Lebaran tiba, nastar juga selalu menjadi suguhan manis yang menyenangkan. Namun, banyak juga masyarakat di Indonesia nampaknya sangat gemar menyuguhkan kue kering berisi selai nanas kepada tamunya yang berkunjung saat natal. Setoples kue nastar akan membuat acara silaturahmi atau makan-makan saat natal jadi semakin menyenangkan, apalagi jika dinikmati dengan secangkir teh manis.

Rolade Daging

Rolade daging bisa disajikan dengan berbagai bumbu olahan baik yang bercita rasa manis, gurih atau pedas. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak membuat rolade masuk dalam salah satu hidangan Indonesia yang cocok disuguhkan saat merayakan Natal bersama orang terkasih.

Itu dia beberapa makanan khas natal di Indonesia yang bisa membantu Anda menentukan suguhan yang tepat saat hari raya Natal.