Ilustrasi Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Indonesia tengah menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-76 pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti. Dan Rumah Digital Indonesia pun dipercaya untuk memeriahkan dengan menggelar Festival Kemerdekaan virtual pertama dan terbesar di Indonesia.

Rumah Digital Indonesia merupakan Event atau Festival perayaan kemerdekaan virtual pertama dan terbesar di Indonesia yang hadir dengan 2 acara utama yakni Acara Pembuka dan Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan. Acara ini akan menghadirkan konsep festival kemerdekaan virtual yang unik dan baru, karena baru pertama kalinya dihadirkan dalam sebuah arena virtual 360 yang bisa dijelajahi.

Festival kemerdekaan virtual Indonesia ini berlangsung selama 31 hari, dari 1-31 Agustus 2021. Acara Pembuka diadakan pada tanggal 1 Agustus 2021 mulai pukul 15:00 WIB. Acara Puncak Perayaan Kemerdekaan diadakan pada tanggal 16 Agustus 2021 mulai pukul 19:00 WIB.

Festival kemerdekaan virtual RDI akan diselenggarakan secara virtual/daring di website rumahdigitalindonesia.id yang mulai dapat dikunjungi secara gratis mulai tanggal 1-31 Agustus 2021, dan memiliki 7 program utama yang dapat diikuti. Dikutip dari laman Kementerian Kominfo berikut beberapa kegiatannya.

Pertama, Panggung Nasional adalah panggung utama di RDI di mana akan berlangsung puncak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dengan menampilkan rangkaian acara yakni:

Pada Tanggal 1 Agustus 2021 akan dilakukan Pembukaan oleh Presiden RI Joko Widodo. Lalu ada Bincang Bangsa bersama Putri Tanjung, dan Konser Kolaborasi Nusantara bersama Nadin Amizah, Teddy Adhitya, Idgitaf, Bilal Indrajaya, Adrian Khalif, SIVIA.

Selain itu, pada tanggal 16 Agustus 2021 akan disiarkan Upacara detik-detik proklamasi, Pidato Kenegaraan, Selebrasi Kemerdekaan, dan Komedi Lokal bersama Yura Yunita, Budi Doremi, Jemimah Cita, Putri Ariani, Indra Jegel, Arief Brata, dan masih banyak lagi.

Ketiga, Arena Lomba 17-an. Di mana dalam acara ini, masyarakat bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual.

Keempat, Ruang Seni dan Budaya. Dalam ruangan ini, masyarakat bisa menikmati berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Indonesia dari masyarakat umum, antara lain berupa: Tarian nuansa Nasional & kedaerahan, pembacaan puisi & syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik nuansa daerah & Nasional.

Kelima, Ruang Komunitas. Dalam Ruang Komunitas, masyarakat bisa menikmati beragam konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat di segmen ‘Cerita Kemerdekaan’. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses fitur filter foto perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke- 76 dan filter Rumah Digital Indonesia.

Keenam Pasar Lokal. Ada bazaar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan marketplace karya anak bangsa.

Ketujuh, Ruang Literasi Digital. Ruang Literasi Digital menghadirkan berbagai konten yang mengajak masyarakat memanfaatkan internet untuk kegiatan positif dan produktif, sehingga bisa menciptakan ruang digital yang menyenangkan, penuh ilham, namun tetap aman dan beretika, di tengah hadirnya konten-konten negatif seperti penipuan digital, penyebaran hoaks, perjudian online, perundungan, kecanduan, dan berbagai tantangan lainnya.

Kedelapan, Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia. Sebuah peta interaktif dengan berbagai informasi per-provinsi, yaitu destinasi wisata, kuliner khas daerah dan Wajah Indonesia sebagai sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa dan berdampak bagi daerahnya.

Selain menikmati berbagai konten yang disuguhkan di Rumah Digital Indonesia, masyarakat bisa berpartisipasi dengan mengirimkan konten video menarik bertema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Konten bisa berupa menyanyikan lagu nasional hingga lagu daerah, membaca puisi, menari, memainkan drama atau bermonolog, dan ide-ide perayaan kemerdekaan secara kreatif lainnya seperti TikTok dengan durasi video minimal 1 menit.

Nantinya, video kiriman dari masyarakat itu akan ditampilkan di berbagai panggung dan ruang di Rumah Digital Indonesia. Masyarakat bisa mengirimkan karyanya ke tautan bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 sampai 20 Agustus 2021.