Program Tangerang Emas Kota Tangerang untuk Pelaku UMKM. (Foto: Achmad Irfan)

Tangerang, MNEWS.co.id – Sejumlah 35 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Tangerang mendapatkan bantuan modal usaha melalui Program Tangerang Emas.

Kepala Bidang UMKM Kota Tangerang, Katrina Iswandari di Tangerang Rabu mengatakan, Tangerang Emas adalah Program Kerjasama Pemkot, Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan dengan Bank Jabar Banten cabang Kota Tangerang terkait akses permodalan /perkreditan tanpa agunan dan tanpa bunga bagi Usaha Mikro di Kota Tangerang khususnya dengan biaya administrasi 3 persen dan plafond awal Rp2 juta.

Target dari program ini adalah pelaku UMKM dapat terbantu dalam permodalan akibat penjualan berhenti di tengah pandemi. Terkait bantuan permodalan yang sudah diberikan, Katrin menuturkan, pada bulan Juli sudah ada 35 UMKM yang mendapatkan bantuan. Jumlah uang yang dikucurkan oleh Bank Jabar Banten Cabang Kota Tangerang adalah Rp65 Juta.

“Kini, ke 35 UMKM tersebut sedang mengembangkan usahanya dari bantuan permodalan yang telah diterima dalam program Tangerang Emas,” katanya..

Bagi pelaku UMKM yang belum mendapatkan bantuan, Katrin mengatakan, Pemkot Tangerang saat ini juga sedang melakukan pendataan terhadap UMKM agar mendapatkan bantuan permodalan.

Sebanyak 40.307 UKM telah dilaporkan kepada Kementerian Koperasi dan UKM untuk dilakukan verifikasi data dan mendapatkan bantuan langsung. Bantuan diberikan langsung oleh pihak Kemenkop UKM kepada pelaku usaha, sedangkan Pemkot hanya melakukan pendataan saja.

“Banyak program bantuan yang digulirkan dalam meningkatkan ekonomi daerah dan UMKM menjadi prioritas dalam penumbuhan ekonomi tersebut,” ujarnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, bantuan kredit modal kepada UMKM telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Kini, program tersebut diprioritaskan setelah banyak pelaku UKM alami dampak dari pandemi.

Pemkot Tangerang juga mengeluarkan program Tangerang Bisa yakni bantuan permodalan sebesar Rp500.000 kepada 10.000 pelaku usaha baru.