Produk Glass Bowl UMKM Bali Lakukan Ekspor Perdana ke Jepang. (Foto: Dok/Bea Cukai)

MNEWS.co.id – Produk glass bowl hasil produksi PT Bali Baruna Hikari, sebuah UMKM di Gianyar, Bali, berhasil melakukan ekspor perdana ke Jepang pada Sabtu (6/5/2023).

Keberhasilan produk UMKM Gianyar ini untuk menembus pasar Jepang tidak lepas dari dukungan serta hasil sinergi antara Kantor Wilayah Bea Cukai Bali Nusra dan Bea Cukai Denpasar bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas I Kanwil Bea Cukai Bali Nusra, Wahyu Purwanto mengatakan bahwa ekspor perdana PT Bali Baruna Hikari dilakukan di area Kargo Suwung Denpasar dengan negara tujuan Jepang.

“Keberhasilan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya pada Januari 2023 oleh Bea Cukai Bali bersama KBRI Tokyo ke beberapa sentra UMKM di wilayah Gianyar dan Karangasem,” imbuhnya.

Bea Cukai Denpasar secara aktif memberikan asistensi dan edukasi serta pendampingan kepada para pelaku UMKM yang berpotensi ekspor di sejumlah wilayah di Provinsi Bali sebagai pelaksanaan fungsi trade tourism and investment.

“Diharapkan ke depannya kerja sama dan sinergi terus terjalin dengan baik, sehingga semakin banyak para pelaku UMKM yang berhasil ekspor dan menembus pasar internasional,” tutup Wahyu.