Salah satu produk asal Indonesia yang dipamerkan dalam acara Indonesia Fair 2023 di AEON Mall Saitama, Jepang pada 29-7 Mei 2023. (Foto: Dok/Kementerian Perdagangan)

MNEWS.co.id – Pameran Indonesia Fair 2023 digelar di AEON Mall Saitama, Jepang, yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan terbesar di Jepang pada 29 April–7 Mei 2023, bertepatan dengan musim liburan di Jepang yang dikenal dengan Golden Week.

“Momentum Golden Week dipilih untuk semakin memperkenalkan Indonesia, terutama saat masyarakat Jepang sedang menikmati liburan. Promosi dilakukan dengan mengintegrasikan perdagangan, pariwisata, seni budaya, hingga investasi,” kata Duta Besar RI untuk Jepang merangkap Federasi Mikronesia Heri Akhmadi.

Secara terpisah, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Didi Sumedi mengatakan, Indonesia Fair turut menjadi kegiatan promosi perdagangan dalam bentuk in-store promotion di pusat perbelanjaan di Jepang.

Indonesia Fair 2023 menampilkan berbagai produk kreatif seperti produk fesyen, aksesori, kerajinan tangan, makanan dan minuman, serta produk ramah lingkungan.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui respons dari konsumen akhir di Jepang atas produk Indonesia. Alhamdulillah, produk fesyen dan alas kaki dari Bandung, aksesori dan kerajinan tangan dari Bali, serta produk makanan-minuman halal digemari di Jepang. Bahkan, pisang dari Lampung pun terjual habis,” kata Didi.

Sementara itu, dua produk ramah lingkungan Indonesia yang diluncurkan ke masyarakat Jepang pada Indonesia Fair 2023 adalah plastik ramah lingkungan (biodegradable plastic bag) dari singkong dan produk fesyen dengan material ramah lingkungan yang desainnya menyesuaikan karakteristik masyarakat Jepang.

Indonesia Fair 2023 terlaksana atas kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Perindustrian RI, dan Bank Indonesia Tokyo.

Selain untuk memasarkan produk Indonesia ke konsumen akhir Jepang, Indonesia Fair 2023 juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata serta seni budaya Indonesia.

Senior Managing Director AEON Mall Co. Ltd Mitsuhiro Fujiki menyambut gembira pelaksanaan acara in-store promotion dengan tajuk Indonesia Fair 2023 ini.

“Kegiatan ini sangat baik karena dapat menarik banyak pengunjung selama libur sepekan Golden Week. Berbagai promosi pariwisata dan seni budaya dari penampilan angklung hingga gamelan sangat menghibur pengunjung. Kami ingin lebih banyak kegiatan seperti ini di berbagai daerah lainnya di Jepang,” tuturnya.

Indonesia Fair 2023 pun menjadi bagian dari rangkaian Indonesia–Japan Friendship Day di Saitama untuk memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang.

KBRI Tokyo tahun ini secara aktif menyelenggarakan Indonesia–Japan Friendship Day yang merupakan kegiatan promosi dan pelayanan terintegrasi. Indonesia–Japan Friendship Day diselenggarakan sepanjang tahun 2023 dari Hokkaido hingga Okinawa.

Indonesia Fair dalam Indonesia–Japan Friendship Day merupakan langkah kolaboratif Pemerintah Indonesia dalam menjaga momentum hubungan baik kedua negara di berbagai sektor.