Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakhrullah, bersama pelaku UMKM asal Provinsi Sulbar yang akan melakukan ekspor produk abon ikan ke Australia. (Foto: ANTARA Foto/M Faisal Hanapi)

MNEWS.co.id – Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sukses melakukan ekspor produk olahan ikan ke Australia untuk memenuhi permintaan dari masyarakat negara tersebut.

Jenama UMKM Syakila yang berada di Kabupaten Majene sukses melakukan ekspor dan menembus pasar internasional melalui produk abon ikan olahannya.

Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif mengaku bangga dengan adanya ekspor abon ikan dari Sulbar ke Australia yang dilakukan oleh UMKM Syakila.

“Pemerintah akan membantu perizinan dan memfasilitasi dokumen yang dibutuhkan melakukan ekspor abon ikan tersebut,” ucapnya dilansir MNEWS.co.id dari Antara.

Ia mengatakan, Pemerintah Sulbar akan berupaya mendukung serta memenuhi kebutuhan peralatan serta pembinaan agar terus dapat memajukan usahanya.

“Pemerintah Sulbar memberikan dukungan bagi UMKM yang akan melakukan ekspor abon ikan ke negara Australia,” ucapnya.

Zudan mengatakan, UMKM Sulbar telah mempersiapkan sebanyak 500 kilogram abon ikan ke Australia.

“Abon ikan sebanyak 500 kilogram tersebut sebanyak 5.000 bungkus yang akan diekspor pada tahap awal, dan bila kerja sama lancar jumlahnya akan terus ditingkatkan,” ujarnya.

Ia juga berharap agar masyarakat Sulbar dapat mendukung tumbuhnya ekonomi daerah dengan membeli produk UMKM Sulbar untuk memajukan ekonomi daerah.