Ilustrasi. (Foto: Unsplash/Clay Banks)

Jakarta, MNEWS.co.id – Aplikasi kasir untuk UMKM tentu sangat membantu pelaku usaha untuk meningkatkan manajemen usahanya menjadi lebih praktis dan modern.

Aplikasi kasir atau yang dikenal dengan Point of Sales (POS) merupakan pencatatan transaksi yang langkahnya dilakukan oleh komputer, sehingga program software tersebut dikenal dengan aplikasi kasir atau toko.

Program yang membuat semua catatan disusun secara otomatis membuat pengusaha UMKM menjadi lebih efisien waktu, lebih teliti terhadap transaksi dan pastinya memberikan kemudahan dalam operasional kinerja UMKM.

Dilansir dari Jurnal.id, berikut ini keuntungan yang diperoleh saat menggunakan aplikasi kasir bagi pelaku UMKM.

1. Efisiensi Waktu

Ketika usaha Anda masih kecil dengan barang dagangan yang sedikit tentu masih belum berpikir tentang repotnya pekerjaan tersebut. Namun ketika rak-rak penyimpanan barang semakin banyak maka pekerjaan untuk mengetahui stok barang akan menyita waktu banyak.

Menghemat waktu merupakan keuntungan aplikasi kasir yang bisa Anda dapatkan. Dengan aplikasi kasir, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan berbentuk laporan transaksi dalam satu hari langsung akan terbuat secara otomatis dan dapat dilihat dengan cepat.

2. Pengendali Kas

Keuntungan aplikasi kasir lainya adalah mampu mencatat semua rincian penjualan dalam satu hari dan menunjukkan barang apa saja yang telah terbeli serta berapa barang yang masih dimiliki. Aplikasi ini juga akan otomatis menjumlahkan semua angka nominal penjualan dalam satu hari sehingga langsung mengetahui berapa banyak yang telah terima pada hari tersebut.

Keuntungan aplikasi kasir tersebut tentu memudahkan melakukan penjumlahan sebanyak dua kali dengan risiko kesalahan penghitungan dari transaksi penjualan yang begitu banyak dalam sehari.

3. Pelayanan Cepat

Keuntungan aplikasi kasir selanjutnya adalah kecepatan dalam pelayanan kepada pelanggan juga kepada pemilik usaha. Apalagi sekarang ini telah banyak aplikasi kasir online, sehingga dapat melayani secara cepat dan pemilik juga bisa memantau dari tempat mana saja.

Manfaat aplikasi kasir dapat memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan secara cepat. Dengan adanya pelayanan kasir yang cepat tentu akan memberikan kepuasan kepada pelanggan, pasalnya mereka tidak perlu capai mengantri dan membuang waktu.

4. Sistem Keamanan

Manfaat aplikasi kasir adalah sistem keamanan yang diberikan penggunanya. Dengan menggunakan aplikasi kasir maka Anda tidak perlu khawatir lagi dan curiga kepada karyawan. Karena sistem keuangan akan tercatat secara detail.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan catatan terkait dengan jumlah barang dan uang yang diterima, sehingga mengurangi resiko selisih antara penjualan barang dengan uang yang diterima.

Hal ini memungkinkan untuk terjadinya kebocoran keuangan yang mengganggu sistem operasional bisnis. Jika memiliki bisnis yang lebih besar, gunakan juga aplikasi akuntansi yang memiliki sertifikasi keamanan resmi.

5. Analisis Bisnis

Keuntungan aplikasi kasir yang lainnya adalah bisa meganalisa bisnis UMKM yang sedang Anda rintis. Ketika Anda mengetahui stok barang di gudang dengan cepat dan akurat, tentunya Anda segera memesan barang-barang yang telah terjual.

Ini sama saja dengan memiliki strategi bisnis yang baik. Aplikasi kasir dapat mewujudkan hal ini, dengan pencatatan secara langsung yang akan terhubung antara penjualan dengan stok barang yang masih dimiliki.

Dengan sistem pencatatan yang cepat, akurat, dan rapi akan mengurangi tingkat kesalahan manusia. Ketika UMKM telah menggunakan sistem digital maka usaha tersebut telah dikelola secara modern, sehingga manajemen akan tercipta dengan baik. Mengurangi kesalahan manusia, mencegah kecurangan yang dilakukan oleh tenaga kerja, dan pastinya kamu bisa memantau usaha UMKM kapan saja dan dari mana saja.