Ilustrasi jualan online. (Foto: Pixabay)

Jakarta, MNEWS.co.id – Keputusan perpanjangan PPKM saat pandemi, membuat banyak orang bingung untuk memulai usaha bisnis seperti buka toko dan sebagainya. Di sisi lain, semakin banyak platform e-commerce yang menjulang kepopulerannya dikarenakan hal ini.

CTO dan Co-Founder Klik.us, Alan Budiarto mengatakan, sebagian orang lebih memilih untuk berjualan melalui gadget mereka dan tidak perlu meninggalkan rumah. Sehingga hal ini mengakibatkan penjual baru maupun berpengalaman menjadi susah untuk mendapatkan perhatian calon pembeli di marketplace. Selain itu, komisi di marketplace dinilai semakin lama semakin mahal.

“Adapun cara lain yang digunakan untuk berjualan online adalah dengan meraup penjualan lebih baik di media sosial seperti Instagram ataupun melalui laman situs sendiri,” ujar Alan dikutip dari Liputan 6.

Alan menjelaskan, Klik.us merupakan platform untuk membuat website atau aplikasi untuk membuka toko online untuk sistem operasi Android dan iOS. “Platform ini disediakan gratis dan tidak memerlukan biaya komisi, serta dapat mempermudah jualan melalui sosial media supaya terjangkau dan bisa diakses oleh siapapun,” ujarnya.

Menurut Alan, Klik.us ingin membantu bisnis UMKM di Indonesia transisi ke jualan online tanpa harus memikirkan modal, keahlian, dan tentu juga tanpa khawatir dengan kompetisi toko lain di dalam platform.

Klik.us menyediakan Klik Produk, yaitu website toko online pribadi untuk membantu penjualan produk dimana pengguna juga bisa punya domain khusus untuk toko online mereka.

“Selain itu, ada juga Klik Konten dimana pengguna dapat mencantumkan detail kontak atau akun sosial media lainnya,” pungkasnya.