Ilustrasi. (Foto: freepik.com/jannoon028)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sudah umum diketahui jika peluang usaha di bulan puasa Ramadan menjadi momen berbisnis yang ditunggu-tunggu. Karena selain menjadi bulan yang penuh dengan pahala, bulan Ramadan juga menjadi ladang rezeki bagi setiap masyarakat yang ingin berjualan atau mendapatkan pemasukan tambahan.

Namun sesungguhnya, setiap saat dapat menjadi waktu yang tepat untuk memulai sebuah usaha, selama ada peluangnya dan direncanakan dengan cermat. Termasuk, membuka bisnis baru di momen pascalebaran.

Dengan pengeluaran yang cukup banyak saat Lebaran, mungkin kamu perlu untuk mendapatkan suntikan dana lebih. Entah itu dari penjualan bisnis musiman selama Ramadan maupun dari sumber lainnya seperti THR.

Dengan prospek yang tidak kalah menarik, berikut inspirasi bisnis baru pascalebaran untuk dicoba yang telah kami rangkum dari Moka.

Bisnis Oleh-Oleh

Apabila setiap momen Lebaran kamu melakukan aktivitas mudik, bisnis oleh-oleh atau jasa titip oleh-oleh bisa jadi inspirasi bisnis baru pascalebaran.

Meski sifatnya musiman, bisnis oleh-oleh jadi peluang emas yang bisa kamu coba jalankan pascalebaran. Kamu bisa menawarkan produk khas dari daerah tujuan mudik, baik itu barang konsumtif maupun koleksi.

Karena mungkin saja, ada beberapa produk unik serta khas daerah yang tidak bisa dibeli secara online dan harus dibeli langsung di tempat.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan sebagai inspirasi bisnis baru pascalebaran.

Bisnis Produk Kecantikan

Berdasarkan data pada kuartal 3 tahun 2021, industri kosmetik di Indonesia tumbuh sebesar 5,59%. Hal ini pun ditandai dengan maraknya merek-merek kosmetik lokal yang mulai beredar di pasaran.

Peningkatan ini bisa kamu jadikan sebagai inspirasi bisnis baru pascalebaran yang menguntungkan. 

Jika kamu memiliki minat dan ketertarikan tersendiri dengan produk kecantikan, kamu bisa memulai bisnis ini terlebih dahulu sebagai dropshipper atau reseller.

Apabila sudah memiliki modal dan pengetahuan yang cukup, maka kamu bisa mencoba untuk membangun brand produk kecantikan sendiri.

Bisnis Jasa Inspeksi Mobil dan Cuci Kendaraan

Sama seperti kosmetik, pasar mobil bekas selama 2 tahun belakangan mengalami kenaikan. Hal ini dipicu karena kemampuan daya beli dan juga kebutuhan akan kendaraan pribadi.

Apabila kamu memiliki ketertarikan tersendiri dan kemampuan dalam menginspeksi mobil, hal tersebut bisa jadi inspirasi bisnis baru pascalebaran. 

Di samping menyediakan jasa inspeksi mobil, kamu juga bisa membuka jasa cuci kendaraan baik roda dua maupun roda empat, terutama bagi mereka yang baru pulang mudik dengan kendaraan pribadi dan masih lelah untuk membersihkan kendaraannya.

Hal tersebut karena penggunaan kendaraan bermotor yang tidak pernah habis di Indonesia dan sudah tentu permintaan terhadap cuci kendaraan pun tetap ada.

Bisnis Pakaian Sehari-hari

Bisnis pakaian adalah bisnis yang tidak pernah mati, tergantung bagaimana seorang pelaku usaha memposisikan brand pakaiannya.

Sama seperti bisnis produk kecantikan, kamu bisa memulainya sebagai reseller atau dropshipper sebelum akhirnya membuat brand fesyen sendiri.

Tahun 2022 juga menjadi peluang terbaik bagi mereka yang ingin membuka bisnis pakaian sehari-hari. Hal ini karena di tahun 2022 orang-orang mulai kembali beraktivitas seperti sedia kala setelah sebelumnya melakukan aktivitas terbatas seperti WFH.

Sehingga, permintaan terhadap pakaian sehari-sehari seperti pakaian kerja berpotensi untuk meningkat.

Bisnis Koleksi dan Hobi

Biasanya pascalebaran, orang-orang cenderung impulsif untuk membeli barang-barang tersier seperti mainan atau barang-barang hobi lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut menjadi peluang bisnis baru pascalebaran. Kamu bisa menjual alat olahraga seperti sepeda atau sepatu roda atau mainan hobi seperti plastic model kitdiecastfigure, atau bahkan sneakers.

Pastikan juga kamu memahami apa saja tren hobi pascalebaran yang sedang digemari. Misalnya, sneakers A dan perusahaan B akan mengeluarkan produk baru pascalebaran. Peluang ini bisa kamu ambil, apalagi jika produk tersebut diproduksi dengan jumlah terbatas (limited edition).

Bisnis Hewan Kurban

Iduladha atau lebaran kurban biasanya hadir dua bulan setelah lebaran Idulfitri. Momen ini pun bisa kamu manfaatkan dengan membuka bisnis hewan kurban.

Meski terhitung masih lama, kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Misal, mencari vendor peternakan, jasa transportasi, mencari lokasi penjualan, serta menentukan unique selling point dari bisnis hewan kurban milikmu.

Mengapa dilakukan jauh-jauh hari? Hal ini karena biasanya vendor akan mematok harga lebih tinggi ketika Iduladha semakin dekat. Sehingga apabila dilakukan jauh hari, kamu bisa mendapatkan hewan kurban terbaik dengan harga terbaik.

Itulah beberapa inspirasi bisnis baru pascalebaran yang bisa kamu coba lakukan dalam waktu dekat. Bagaimana, tertarik untuk memulainya?