Tampilan hampers Pesan Tampah. (Foto: Pesan Tampah)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tak hanya kue kering, kue tampah juga bisa menjadi alternatif ide hantaran Lebaran untuk dikirimkan ke keluarga atau kolega.

Kue tampah adalah aneka sajian jajanan tradisional Indonesia yang disajikan dalam sebuah wadah tampah yang terbuat dari anyaman kayu.

Saat ini, tak hanya kue tradisional yang bisa dikemas dalam kue tampah. Dengan inovasi dan sentuhan kreativitas, kini kue tampah juga hadir dalam kemasan yang modern.

Berawal karena menyukai jajanan Indonesia, Dafina Amalina bersama dengan sang kakak memutuskan untuk membuka usaha aneka kue basah bernama Pesan Tampah, usaha kue tampah tradisional yang dikombinasikan dengan kemasan kue-kue yang lebih modern.

Dafina mengatakan selain gemar dengan jajanan kue basah, usaha Pesan Tampah hadir karena banyak kerabat yang menyukai kue buatannya dalam bentuk hantaran yang dijual saat acara keluarga.

Usaha yang dibangun sejak 2017 ini, menghadirkan kue tampah dalam kemasan yang lebih modern tanpa menghilangkan cita rasa tradisional dari aneka kue yang disajikan.

“Kue tampah versi modern yang pada waktu kami keluarkan 5 tahun lalu pada 2017, awalnya belum ada pemain pasar yang meluncurkan produk ini,” ujar Dafina kepada M-News.

Penggunaan merek ‘Tampah’ berasal dari arti anyaman bambu yang biasa dipakai untuk kue tradisional. Dafina mengakui, Pesan Tampah sendiri memiliki makna sebagai harapan dapat menjadi wadah untuk menuangkan rasa cinta terhadap jajanan tradisional khas Indonesia.

Modal awal membangun usaha ini berkisar sekitar Rp10 juta dengan memanfaatkan aset pribadi yang digunakan untuk proses produksi dan selebihnya Ia gunakan untuk membeli bahan baku dan gaji karyawan, karena hingga saat ini Dafina masih bergantung dengan dana mandiri dan memutar otak dengan modal pemasukan yang ada.

All made by us, menjadi salah satu perbedaan produk Pesan Tampah dengan para kompetitornya. Dafina menyebut kebanyakan toko kue biasanya mengambil dari orang lain dan tidak homemade. Berbeda dengan produknya, Ia berkomitmen untuk membuat sendiri semua kue basah dengan memastikan cita rasa, halal, dan kualitas sesuai keinginan pelanggan.

Untuk bahan baku, Dafina terjun langsung saat membelinya demi menjaga kualitas serta keamanan produk dengan menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk memastikan bahan layak pakai atau tidak. Sementara untuk kemasan, Ia bekerja sama dengan pengrajin kecil untuk membuat hampersnya.

Saat ini, Pesan Tampah memiliki toko offline yang terletak di Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan. Selain itu terdapat juga dua central kitchen yang berlokasi di Jakarta Utara dan Bintaro serta cloud kitchen di Bumi Serpong Damai (BSD) yang dibantu oleh 35 pegawai. Dalam sehari, Ia bisa memproduksi sebanyak 4.000 pcs kue tampah.

Pesan Tampah memiliki berbagai varian produk mulai dari kue asin yaitu risoles smoked beef/bolognese/rogut ayam, kroket beef rogut dan smoked beef, pastel ayam, lemper ayam, makaroni schotel, sosis solo, lumpia, ketan serundeng.

Sementara untuk kue manis yaitu soes vanilla/regal/éclair, pie buah/oreo, brownis red velvet, brownis coklat keju, onde kacang, singkong pelangi keju, swissroll red velvet, klepon, bolu gulung, dan kue talam. Untuk paket Tampah dibanderol mulai dari Rp50.000,- dengan isi 10 pcs dan Rp280.000,- dengan isi 60 pcs per hampers hantarannya.

Dafina mengakui untuk mempertahankan usaha kue rumahan di tengah masa pandemi merupakan hal yang tidak mudah. Mulai dari sistem operasional yang terkena dampak, hingga kesulitan mencari serta mengelola karyawan menjadi salah satu hambatannya. Namun semua itu bisa terlewati dengan banyaknya konsumen yang tetap loyal dan memberikan respon baik menjadi suntikan semangat baginya.

Masa pandemi juga mengubah perilaku konsumen (consumer behavior) Pesan Tampah karena banyaknya pelanggan yang tidak mengadakan acara besar. Akhirnya, Dafina pun mengubah segmen produknya menjadi olahan makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Ke depannya, Dafina terus fokus untuk mengembangkan usahanya melalui media sosial seperti Instagram dan marketplace serta terus menghadirkan inovasi produk melalui toko offline miliknya. Salah satunya adalah dengan menghadirkan produk spesial bulan puasa yang bernama ‘Ramadan Frozen Hampers’ dengan kemasan produk dari bahan rotan berbentuk tas dan kotak hantaran.