Pertamina Berikan Pelatihan Fotografi bagi 351 UMKM Mitra Binaan. (Foto: Pertamina)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pertamina bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) akan mengadakan Pelatihan Fotografi bagi 351 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi mitra binaan Pertamina terpilih yang tersebar di Seluruh Indonesia yang dinilai telah siap untuk mempromosikan produk unggulannya pada situs online.

Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan pelaku UMKM dapat menguasai teknik-teknik fotografi maupun editing sehingga menghasilkan foto yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan usaha, seperti foto profil usaha maupun kemasan produk.

“Sejalan dengan trend pemasaran secara virtual, pelatihan fotografi ini diharapkan bisa meningkatkan pasar UMKM lebih luas tidak hanya lokal dan domestik, bahkan hingga menembus pasar mancanegara,” katanya.

Pelatihan Fotografi UMKM ini akan dilaksanakan pada 8-29 Agustus 2020 dengan pemateri para ahli di bidangnya. Para pemateri antara lain Melly Rianasari (Dosen Fotografi IISIP – Jakarta), Rivan Lingga (Jurnalis kantor berita nasional ANTARA – Jakarta), Aman Rochman (Kontributor The Jakarta Post – Jawa Timur), Hendrivan Gumay (Jurnalis Lampung Post), Fahrozi Amri (Dosen UIN Suska – Pewarta Foto), Desi Suryanto (Jurnalis Foto Harian Jogja) dan Abriansyah Liberto (Jurnalis Foto Tribunnews).

Materi pelatihan foto yang disusun dalam program ini disesuaikan dengan kebutuhan UMKM untuk dapat mempromosikan produk maupun usahanya kepada khalayak dengan foto yang dapat ditampilkan di platform pemasaran produk UMKM bersangkutan, mencakup market place maupun social media.

“Dengan keterampilan fotografi yang dimiliki pelaku UMKM diharapkan akan semakin menambah semangat dan kepercayaan dirinya mempromosikan produk-produk berkualitasnya di pasar digital yang menjangkau konsumen lebih luas,” kata Fajriyah.

Pertamina melalui Program Kemitraan memberikan pinjaman modal usaha serta pendampingan, pembinaan, pelatihan yang terarah serta pemberian fasilitas promosi dan pengembangan pasar bagi UMKM. Upaya ini dilakukan sebagai wujud upaya mendampingi mitra binaan Pertamina untuk tumbuh dan berkembang.

Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina. Pendaftaran Program Kemitraan Pertamina tidak dipungut biaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here