Ilustrasi Pelaku UMKM Produksi Masker Kain. (Foto: Istimewa/Republika)

Jakarta, MNEWS.co.id – Selama diberlakukannya social distancing, banyak peluang usaha yang dapat dilakukan bagi  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti menciptakan supporting product sebagai pengganti sementara produk utama. 

Dalam menghadapi masalah yang terjadi saat ini, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel melibatkan UMKM yang menjadi mitra binaan untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19.

Sebanyak 7 (tujuh) mitra binaan terlibat dalam upaya penanganan wabah ini melalui penyediaan produk bantuan berupa masker kain, baju Hazmat, alat semprot dan sembako. Hingga saat ini total nilai penjualan mencapai Rp 191 juta.

Mitra binaan pertamina juga menyediakan layanan pemesanan produk penanggulangan Covid-19 bagi masyarakat luas dengan memesan langsung atau melalui telepon,

Rifky Rakhman Yusuf, Region Manager Communication, Relation and CSR Sumbagsel mengatakan, untuk tetap menggerakkan kegiatan perekonomian dalam situasi seperti ini, mitra binaan perlu melakukan penyesuaian produk yang dihasilkan. Seperti yang telah dilakukan yaitu produksi baju dari kain jumputan dan songket diubah sementara menjadi memproduksi masker kain dan baju Hazmat.

“Perusahaan saat ini sedang gencar mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan memberikan berbagai macam bantuan untuk masyarakat. Di sisi lain perusahaan juga membantu mitra binaan dengan melibatkan sebagai penyedia barang bantuan. Tentunya hal ini akan membuat mitra binaan tetap produktif dan tetap mendapatkan pemasukan,” katanya.

Dampak positif pun turut dirasakan mitra binaan Pertamina. Dalam hal ini disampaikan  Erwin Ariadi yang mengaku sempat khawatir akan berkurangnya pemasukan akibat wabah ini, namun mitra binaan dapat menghadapi tantangan yang ada setelah Pertamina melibatkan dalam upaya penanggulangan Covid-19.

“Kami harus bisa beradaptasi dengan memproduksi masker kain. Allhamdulillah saat ini permintaan masker cukup tinggi, sehingga usaha kami masih berjalan dan bisa membantu perekonomian karyawan”, ujar Erwin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here