Pertamina Beri Pelatihan Peningkatan Manajemen Usaha kepada UMKM

Rasti R | 23 Agustus 2019, 11:58 WIB

Balikpapan, MNEWS.co.id - Terminal BBM Balikpapan mengadakan program upskilling bersama dengan 14 kelompok binaan dari CSR Pertamina MOR VI Kalimantan yang berada di Kota Balikpapan dan bekerja sama dengan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Timut di Gedung Serba Guna TBBM Balikpapan pada Kamis (22/8).

Kegiatan upskilling tersebut mengusung tema “Manajemen usaha dan keuangan” yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dan perbedaan tersebut terletak pada keterlibatan kelompok binaan TBBM Balikpapan, DPPU Sepinggan, LPG Balikpapan serta RU V. 

Program ini memiliki tujuan untuk bisa memberikan motivasi kepada kelompok binaan program CSR yang akan memfasilitasi para kelompok dampingan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan manajemen usaha baik dari segi administrasi, legalitas, hingga pengeloaan keuangan. 

“Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah untuk terus meningkatkan sumber daya yang berkualitas, meningkatkan perekonomian, dan peningkatan taraf kesejahteraan terkhusus di Kota Balikpapan," ujar Heppy Wulansari selaku Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan pada Kamis (22/8).

Heppy menjelaskan bahwa kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama akan disampaikan oleh Rabiatun dari Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan dengan materi manajemen usaha. Selanjutnya pada sesi kedua akan disampaikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim, Adi Setyo Wibowo yang mengenai materi legalitas pengelolaan usaha. ”Seorang pengusaha itu perlu ilmu mengenai controlling usaha agar lebih terorganisir dan keuangan usaha dengan pribadi bisa dibedakan.” ujar Adi dalam penyampaian materinya.

Heppy mengungkapkan bahwa selama berlangsungnya kegiatan tersebut, para peserta yang hadir aktif bertanya mengenai usaha mereka ataupun tentang cara untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka. Dirinya berharap melalui program upskilling ini dapat menambah wawasan para peserta mengenai dunia usaha. “Program upskilling ini juga diharapkan sebagai wadah saling berbagi pengalaman sesama UMKM dan diharapkan kedepannya bisa mengundang seluruh kelompok binaan Pertamina MOR VI Kalimantan," ungkap Heppy.

Sementara itu salah satu Peserta Perwakilan Kelompok Binaan DPPU Sepinggan yaitu Andi mengucapkan terima kasih kepada Pertamina atas fasilitas yang telah diberikan dan juga ilmu mengenai pengelolaan keuangan. “Terima kasih kepada Pertamina atas fasilitas yang diberikan, ilmu mengenai pengelolaan keuangan dan berharap program seperti ini bisa selalu dilaksanakan dan kamipun menyadari bahwa Pertamina itu sangat peduli kepada UMKM," ungkap Andi 

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar