Ilustrasi Search Engine Optimization (SEO).(Foto: Pexels/Pixabay)
Ilustrasi Search Engine Optimization (SEO).(Foto: Pexels/Pixabay)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tidak sedikit orang mengira bahwa membuat website saja sudah cukup untuk mengembangkan dan membangun bisnis online. Namun kenyataannya tidak demikian. Setelah membuat website, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh seseorang agar bisnis onlinenya sukses meraup keuntungan setiap bulan.

Salah satunya yaitu menggunakan Search Engine Optimization (SEO), yang berguna meningkatkan jumlah pengunjung web yang paling efektif. Dengan teknik SEO website yang dimiliki akan menjadi top page di Google atau di search engine lainnya. Website akan mudah ditemukan dan dikunjungi oleh banyak orang.

Aidil Wicaksono selaku Fasilitator Gapura Digital, mengatakan saat ini 62% pengguna internet di Indonesia mengakses online shop dan data menunjukkan bahwa 93% traffic untuk bisnis online datang melalui search engine. Sehingga hal tersebut menunjukan jika pelaku usaha memiliki website yang baik, maka search engine akan mendatangkan pengunjung ke website tersebut.

Aidil Wicaksono, Fasilitator Gapura Digital, saat menjadi narasumber dalam Kelas Komunitas Sahabat UMKM yang bertajuk “SEO & SEM : Cara Mengelola Keberadaan Anda Secara Online” yang bekerja sama dengan Asosiasi Franchise Indonesia dan Neo Promosindo, Jakarta Creative Hub, Selasa (3/3/20). (Foto: MNEWS)

“Saat ini kita dapat dengan mudah mengakses segala macam informasi di internet dengan menggunakan mesin pencari. Ketika seseorang mengetik kata kunci tertentu dan Google menampilkan hasil pencarian” katanya saat menjadi narasumber dalam Kelas Komunitas Sahabat UMKM yang bertajuk “SEO & SEM : Cara Mengelola Keberadaan Anda Secara Online” yang bekerja sama dengan Asosiasi Franchise Indonesia dan Neo Promosindo. Kegiatan ini diadakan di Jakarta Creative Hub pada Selasa (3/3/20).

Aidil memberikan beberapa manfaat menggunakan SEO dalam membangun website bisnis yaitu Menaikan ranking website anda di mesin pencari khususnya Google, mendapatkan lebih banyak trafik dari calon pelanggan yang sudah lebih tertarik dengan bisnis, meningkatkan kesadaran merek bisnis dan mendapatkan kepercayaan lebih dari calon pelanggan, serta membantu mendapatkan calon pelanggan sehingga membantu mengembangkan bisnis.

Beberapa fitur google yang dapat digunakan dalam menerapkan SEO adalah Google Keyword, Google Bisnisku, Google Search, Google Keywords Planner, Google Console, Google Trends, dan masih banyak lagi.

Melalui kegiatan tersebut, para pelaku usaha khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat mengoptimalkan website bisnis dengan menggunakan SEO dan SEM agar dapat meningkatkan penjualan.