Jakarta, MNEWS.co.id – Salah satu bisnis yang tetap tumbuh di masa pandemi Covid-19 adalah ritel. Terutama yang melayani kebutuhan sehari-hari seperti produk segar semacam sayur dan buah-buahan.
Pasalnya, tingkat konsumsi buah-buahan dan sayuran saat ini menjadi prioritas. Masyarakat semakin sadar akan manfaat buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin, guna meningkatkan daya imun tubuh.
Sejak adanya kebijakan PSBB dan seruan untuk berada di rumah, membuat sebagian orang membeli produk segar tersebut melalui kanal online. Khususnya melalui platform penjualan produk sayur dan buah-buahan.
Hal itu dirasakan oleh Fanisa Dyastari, pemilik usaha kebutuhan sayur dan buah serta pangan lainnya dengan jenama BeliFitt. Pelaku usaha mikro ini telah memasarkan usahanya sejak Juni 2020.
Fanisa mengisahkan awal mula usahanya sebagai wujud kepedulian terhadap kebutuhan kesehatan masyarakat yang semakin meningkat di tengah fleksibilitas yang dibatasi. Oleh karena itu, BeliFitt menyediakan jasa untuk menghadirkan bahan makanan yang sehat untuk dikonsumsi dalam aktivitas sehari-hari.
“Selain menyediakan kebutuhan pangan yang sehat, kita juga sebenarnya melihat apa saja peluang yang naik saat pandemi dan pasca pandemi pastinya. Kami mencari bisnis yang juga bisa bermanfaat bagi masyarakat di tengah pandemi ataupun setelahnya,” ujar Fanisa kepada M-News.
BeliFitt mengembangkan produknya dengan menjual food package yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen. Produk tersebut akan difokuskan pada kebutuhan dari karateristik kesehatan yang dimiliki oleh konsumen.
Untuk bahan baku, produk BeliFitt menggunakan produk lokal yang didapatkan dari Pasar Induk Cibitung yang dekat dengan lokasi usaha yaitu di Bekasi. Sementara untuk pemesanan produk, Fanisa menggunakan sistem pre-order (PO) dan akan dikirimkan satu hari setelahnya.
Ia menjelaskan setiap pesanan yang masuk, akan langsung dibelanjakan serta disortir sesuai dengan standar kualitas yang baik dan dikirim oleh kurir pribadi. BeliFitt juga memberikan garansi 24 jam setelah barang diterima, sehingga konsumen bisa menukar barang (refund) jika mengalami kerusakan.
Untuk strategi pemasaran, Fanisa mengakui sedikit mengalami perubahan yang semula ditujukan untuk kaum milenial kini produknya menargetkan kalangan orang tua. Hal tersebut karena produk BeliFitt banyak dipesan tidak hanya dari kalangan generasi muda saja.
Sementara itu, seiring dengan perluasan pasar yang dilakukan, saat ini Fanisa memanfaatkan penjualan online sederhana melalui jejaring chatting WhatsApp dengan mempromosikan kepada relasi terdekat. Selain itu, Ia juga mengoptimalkan penggunaan Instagram, iklan endorsement, dan juga akan merambah ke marketplace.
Ke depannya, Fanisa berencana akan mengembangkan bisnis BeliFitt tidak hanya sebagai tempat belanja kebutuhan sayur, buah, dan pangan saja. Namun Ia ingin menghadirkan BeliFitt sebagai platform untuk memulai hidup sehat dengan motto “Healthy food, Healthy Body and Healthy Mind”. Selain itu, Ia juga akan menghadirkan program package yang diatur sesuai kebutuhan konsumen dan dilengkapi dengan online coaching dari ahli gizi hingga personal trainer.