Ilustrasi. (Foto: Kemenkop UKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) menjadi solusi dalam pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nasional.

Luhut menjelaskan tembusnya produk UMKM di pasar global merupakan salah satu cita-cita Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sebagai program yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pendampingan UMKM. Untuk mencapainya diperlukan keselarasan atas kualitas produk dan jasa yang dihasilkan dengan standar dari masing-masing segmentasi pasarnya.

“Oleh karena itu penerapan SNI menjadi salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menjawab tantangan dalam pengembangan sektor UMKM yakni legitimasi atas kualitas produk UMKM,” kata Luhut.

Hal ini bersifat krusial, sebab dengan ditetapkannya standar akan menjadi acuan bagi para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas dan kreatifitasnya. Dalam kurun waktu lebih dari satu tahun berjalannya program Gernas BBI, Luhut telah bertemu dengan pelaku UMKM di berbagai daerah dan melihat begitu banyak produk UMKM yang potensial.

“Saya yakin program pembinaan dan sertifikasi dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan mampu membantu akselerasi pengembangan UMKM secara signifikan, terutama meningkatkan daya saing UMKM nasional untuk bisa menembus pasar global,” ungkapnya.

Di samping itu, salah satu poin penting dalam penguatan UMKM adalah ketersediaan sarana dan prasarana, semakin gencar produk-produk UMKM nasional dipromosikan maka akan semakin besar pula peluang produk UMKM tersebut dikenal lebih luas.

“Saya berharap diluncurkannya etalase digital produk UMKM Ber-SNI pada hari ini akan berkontribusi pada peningkatan perhatian dan antusiasme untuk mendukung UMKM nasional,” tambahnya.

Ia menilai, penguatan dan pengembangan sektor UMKM nasional adalah perjuangan bersama yang hanya akan dapat tercapai lewat kolaborasi dan sinergi antara Kementerian dan Lembaga, BUMN, sektor swasta, dan juga komunitas serta pelaku UMKM.